Bola voli adalah jenis permainan bola besar yang dimainkan oleh dua regu atau tim berlawanan. Di dalam permainan bola voli terdapat berbagai teknik dasar, mulai teknik servis hingga teknik smash.

Jika kamu masih bingung bagaimana cara bermain bola voli yang baik, maka kamu harus memahami teknik dasar bola voli dan penjelasannya secara tepat.

Berikut teknik-teknik dasar bola voli yang bisa kamu praktekan:

1. Passing Atas

Teknik ini bisa dilakukan dengan sikap normal dan setinggi muka. Pada teknik passing atas setinggi muka bisa dilakukan bersamaan dengan sikap normal, guling ke samping, meloncat, hingga setengah guling ke belakang.

2. Passing Bawah

Passing bawah bisa dilakukan dengan satu tangan maupun dua tangan. Dengan kedua cara tersebut bisa digabungkan dengan sikap normal, guling ke samping, terjun ke depan, maupun setengah guling ke belakang.

3. Set Up

Set up atau mengumpan (memberikan bola pada teman) bisa dilakukan dengan beberapa teknik, yakni ke depan, ke belakang, dan ke samping (kanan atau kiri), Sementara itu, berdasarkan tinggi bola dari net bisa dilakukan secara normal, medium, dan low.

4. Smash

Teknik ini juga dikenal dengan spike dan dibagi menjadi beberapa kelompok, yakni berdasarkan gerakan bola ada silang dan lurus, berdasarkan pemberian set up ada open smash, semi smash, quick smash, push smash, dan pool straight smash.

5. Servis

Berdasarkan arah putaran bola, ada teknik top spin, back spin, inside spin, outside spin, dan float. Kemudian, berdasarkan servis tangan bawah ada back spin, outside spin, inside sin, cutting underhand, dan floating overhead.

6. Blocking

Block dilakukan untuk membendung serangan bola yang datang. Berdasarkan gerakan, blok dibagi menjadi aktif dan pasif. Sedangkan berdasarkan jumlah dikelompokkan menjadi satu orang, dua orang, dan tiga orang.

Itulah tadi informasi tentang teknik-teknik dasar bola voli yang bisa bermanfaat buat kamu.

Dan untuk materi pelajaran olahraga lainnya kamu bisa dapatkan update materi setiap saat melalui https://briliant.biz. Briliant Biz merupakan website sarana belajar online untuk memudahkan para pelajar dan mahasiswa memahami materi yang telah disampaikan di sekolah atau kampus.