Meski kerap diidentikan sebagai tempat membuang kotoran, tapi ternyata, toilet memiliki peranan vital. Sebab, toilet sama pentingnya dengan kamar tidur, ia tiap harinya digunakan.

Oleh sebab itu, kita harus mampu menjaga toilet agar tetap bersih dan nyaman. Hal ini demi menunjang kesehatan dan kenyamanan bersama.

Berikut kriteria toilet sehat, bersih dan ideal menurut Asosiasi Toilet Indonesia (ATI).

1. Ketersediaan air bersih

Tersedianya air bersih yang cukup di toilet baik secara kuantitas maupun kualitas untuk mencegah penyakit seperti kudis, diare, hingga hepatitis.

2. Cahaya yang memadai

Tempat yang kurang cahaya menyuburkan perkembangan jamur, kuman, hingga virus. Jadi, toilet harus mendapat pencahayaan alami dan buatan yang memadai.

3. Ventilasi udara

Kurangnya ventilasi dan saluran udara yang memadai untuk pertukaran udara dapat menyebabkan penyakit tuberkulosis (TB) hingga infeksi saluran pernafasan. Jadi, pastikan pengudaraan di toilet berjalan cukup lancar.

4. Lubang toilet harus berada minimal 10 meter dari sumber air

Sistem sanitasi yang baik harus berada jauh dari sumber air bersih untuk mengurangi risiko kontaminasi. Sumber air dan tangki pembuangan air minimal berjarak 10 meter.

5. Dinding dan atap harus dalam kondisi bersih

Debu dan kotoran yang menempel di dinding dan atap toilet berpotensi memicu penyakit pernapasan seperti asma dan iritasi kulit. Jadi, area toilet harus selalu bersih.

6. Bersihkan lubang toilet dan pastikan kloset selalu dalam posisi tertutup.

Sisa kotoran yang menempel di kloset dapat menjadi sumber bakteri yang dapat menyebar dengan cepat. Jadi, jangan biarkan kloset dalam keadaan kotor dan usahakan kloset selalu tertutup.

7. Toilet kering dan tidak ada air yang tergenang di lantai

Memastikan toilet tetap kering adalah salah satu cara terbaik menekan perkembangan jamur, bakteri, kuman, dan virus.

Dan pastikan juga saluran pembuangan toilet tetap lancar dengan cara melakukan pengurasah septic tank jika dirasa sudah penuh.

Untuk melakukan hal tersebut, kini sudah ada jasa sedot wc panggilan seperti sedot WC Sumber Baru yang siap membantu menguras septic tank tempat anda dengan cara profesional dan tetap menjaga kebersihan sekitar.

Syarat toilet sehat tersebut tidak hanya diterapkan di rumah-rumah saja, namun juga harus di tempat umum seperti sekolahan, perkantoran dan tempat umum lainnya.