Fisioterapi merupakan bentuk layanan kesehatan yang diberikan pada seseorang untuk mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh. Jika Anda mengalami cedera atau penyakit yang membuat Anda sulit menjalankan kegiatan sehari-hari. Dokter mungkin akan menyarankan jenis perawatan fisioterapi ini untuk melengkapi pengobatan.

Lalu Apa saja yang bisa disembuhkan dengan fisioterapi?

Manfaat fisioterapi dapat dirasakan oleh orang dengan kondisi-kondisi berikut ini:

1. Sakit leher dan sakit kepala

Fisioterapi sangatlah membantu dalam mengobati sakit kepala yang berkaitan dengan disfungsi tulang belakang servikal. Namun, pengobatan ini memerlukan diagnosis yang cermat dan pengobatan fisioterapi akan tergantung pada kondisinya.

2. Masalah pada punggung

Pengobatan fisioterapi dapat dilakukan untuk masalah punggung mencakup pijatan, terapi titik pemicu dan akupuntur, dan juga penggunaan corrective sports tape untuk memperbaiki postur.

3. Cedera sendi

Cedera sendi adalah salah satu masalah paling umum pada pasien fisioterapi. Untuk meredakan nyeri, pijatan dan terapi panas dan dingin dapat membantu. Pasien dengan masalah sendi tulang belakang dapat meningkatkan kekuatan inti mereka untuk melindungi intervertebral disc.

4. Arthritis

Pasien arthritis akan mendapatkan fisioterapi berupa pijatan, ultrasound, dan terapi panas. Bila dibutuhkan, hidroterapi alias latihan fisik dalam air hangat juga akan dilakukan pasien untuk mengurangi nyeri sekaligus meningkatkan mobilitas sendi.

5. Gangguan Muskuloskeletal dan Multiple Sclerosis

Nyeri pada saraf pasien dapat diatasi dengan teknik mobilisasi sendi, latihan peregangan otot khusus, terapi titik pemicu, terapi panas, serta akupuntur.

6. Osteoporosis

Fisioterapi mampu memelihara kepadatan tulang penderita osteoporosis. Selain itu, latihan-latihan yang diberikan oleh terapis juga dapat meningkatkan kekuatan serta merangsang pertumbuhan tulang pasien.

7. Pemulihan Setelah Stroke

Berdasarkan dr. Arina, fungsi fisioterapi dapat dirasakan oleh penderita stroke. Pasalnya, anggota gerak dari orang yang baru terkena penyakit tersebut akan mengalami kelumpuhan. Setelah kondisi pasien stabil, postur dan keseimbangannya bisa diperbaiki lewat berbagai latihan.

Nah, jika anda tinggal di daerah Jakarta, saat ini sudah ada layanan fisioterapi Jakarta Selatan seperti Silvery Wellness yang merupakan pusat layanan fisioterapi profesional dan terpercaya yang sudah banyak pasien merasakan manfaat fisioterapi yang disediakan.

Jadi, anda tidak perlu khawatir lagi jika mengalami gejala-gejala diatas, cukup gunakan fisioterapi saja sebagai pengobatan alami yang menyehatkan.