Pencari kerja perlu mengetahui tips mengirim lamaran online yang tepat untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Proses pengiriman lamaran online yang baik dapat meningkatkan peluang Anda untuk maju.

Melalui Instagram resminya, Ditjen Dikti membagikan beberapa cara melamar pekerjaan lewat email yang benar. Di bawah ini Anda akan menemukan poin-poin yang harus Anda pertimbangkan saat melamar kerja online.

Di bawah ini adalah tips tentang cara melamar pekerjaan secara online ke Ditjen Dikti untuk pekerjaan yang baik dan layak.

Menggunakan PDF

Masih banyak pelamar yang mengirim dengan file dalam bentuk Ms. Word atau format lainnya. File dalam format Ms. Word atau jpg terkadang menyulitkan HRD untuk memverifikasi data.

Namun, dengan file PDF, mereka dapat dibuka di perangkat apa pun tanpa mengubah format file. Ini memudahkan perekrut untuk meninjau dokumen.

Kualitas isi CV

Kualitas isi CV juga mempengaruhi peluang untuk diangkat ke jenjang selanjutnya. Gunakan format resume yang sesuai untuk posisi yang Anda pegang.

Gunakan font yang jelas dan jangan berlebihan. Font serif dapat berupa contoh font formal atau font sans serif untuk font non formal.

Isi badan email

Banyak kandidat yang tidak mengerti cara melamar pekerjaan online melalui email. Karena banyak sekali dari mereka yang mengirim email dan dokumen tanpa mengisi badan email.

Melengkapi badan email bisa menjadi "pengantar" singkat Anda tentang resume anda. Beri tahu mereka dari mana Anda mengetahui tentang tawaran pekerjaan untuk magang Anda.

Perhatikan waktu pengiriman email

Cara melamar kerja via email selanjutnya adalah dengan memperhatikan waktu pengiriman.

Saat melamar melalui email, disarankan untuk mengirimkannya pada jam kerja, yaitu antara pukul 9.00 hingga 12.00 atau pukul 13.00 hingga 16.00.

Ini menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang profesional dan bahwa Anda serius dengan lamaran Anda.

Nah, setelah mengetahui tips melamar kerja online dengan email yang benar, Anda bisa mencoba mengirim lamaran kerja anda ke perusahaan-perusahaan yang sedang membuka lowongan.

Anda bisa mengetahui di srt news tentang perusahaan atau lowongan kerja apa saja yang sesuai dengan minat anda. Karena di srtnews.in banyak sekali update lowongan kerja terbaru yang bisa anda coba khususnya untuk wilayah Medan dan sekitarnya.