Septic tank adalah tempat di mana limbah rumah tangga dan kantor ditampung dan diolah. Namun terkadang karena letak dan sifatnya, sebagian dari kita jarang memperhatikan kondisi septic tank hingga timbul masalah.

Peneliti utama Pusat Penelitian Teknologi Lingkungan Cleantech LIPI Neni Sintawardani menjelaskan bahwa tanda pertama bahwa septic tank mungkin perlu disedot adalah bau yang menyengat. Dijelaskan, bau tersebut berasal dari gas hidrogen sulfida (H2S), yang berasal dari proses dekomposisi alami bakteri.

Namun, ada tanda-tanda lain yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah septic tank sudah penuh, seperti yang kami jelaskan di bawah ini.

Saluran Air Lambat

Ciri pertama septic tank penuh adalah pengosongannya lambat. Aliran air yang lambat disebabkan oleh ruang septic tank menjadi sempit ketika aliran air di toilet Anda melambat, jadi ada baiknya untuk memeriksa septic tank. Jika sudah penuh, sebaiknya segera hubungi penyedot debu toilet.

Ada Kotoran yang Muncul dalam Kloset

Jika Anda kesulitan menyiram toilet dengan air yang cukup tetapi masih ada kotoran yang tertinggal, sebaiknya periksa septic tank karena adanya kotoran bisa disebabkan oleh saluran yang tersumbat.

Air dalam Kloset Menyusut

Dalam beberapa kasus, tangki septik penuh juga dapat terlihat di air toilet saat menyiram. Dengan pembilasan toilet biasa, air biasanya mengalir dengan baik, bahkan jika disiram dalam jumlah besar atau kecil. Jika air perlahan menyusut, maka Anda perlu memperhatikan kondisi septic tank yang mungkin penuh. Namun, jika air tidak menyusut, kemungkinan besar pipa tersumbat.

Saat air di tangki septik penuh, Anda harus secara otomatis memanggil layanan kuras wc seperti jasa sedot wc Sidoarjo murah dari CV. Sumber Baru .

Adanya layanan ini tentunya sangat bermanfaat bagi Anda. Sangat tidak mungkin untuk membersihkan septic tank secara mandiri dan tanpa alat khusus. Semua dikerjakan oleh ahlinya dengan harga sangat terjangkau dan profesional.