Marmer digunakan dalam konstruksi rumah dengan tujuan menyampaikan keindahan, kesegaran dan tampilan alami. Marmer termasuk material premium karena mahal dan menambah kemewahan bangunan. Memasang marmer di dinding akan membuat rumah Anda semakin mewah dengan desain interior yang elegan.

Penasaran bagaimana cara menginstalnya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Memeriksa batu marmer

Sebelum Anda mulai, periksa dulu marmer yang akan Anda gunakan. Pastikan batu tersebut sempurna untuk digunakan sebagai dinding marmer.

Untuk mendapatkan marmer berkualitas tinggi Anda bisa mengunjungi website gallerymarmer.com yang menyediakan berbagai kebutuhan marmer seperti lantai dinding marmer, prasasti marmer, kijing makam marmer granit dan lainnya.

2. Perataan Dinding

Dinding marmer membutuhkan permukaan yang rata agar tahan lama. Jika tidak diratakan, permukaan marmer akan mudah terkelupas dan retak. Oleh karena itu, lakukan proses screeding pada dinding sampai permukaan rata dengan cara menghamplas dan menambal permukaan yang berlubang dengan adonan semen.

3. Strategi Pola Marmer

Agar polanya jelas dan tidak salah, susunlah potongan dinding marmer di lantai sesuai dengan pola yang Anda inginkan. Lihat apakah pola pada satu kotak marmer cocok dengan pola pada lempengan marmer di sebelahnya. Dengan menggunakan sistem penomoran, tandai posisi dan urutan marmer sesuai dengan posisi yang diletakkan di lantai.

4. Persiapan untuk menempelkan marmer

Gambar stand marmer di dinding. Menggunakan pistol Ramset, tandai letak angkur pada dinding dengan paku. Sebelum merekatkan, gunakan bor untuk mengebor lubang di marmer untuk mengaitkannya pada angkur yang terpasang pada dinding.

Setelah itu, ambil benang dan kaitkan dari paku ke paku untuk memandu Anda dalam kelurusan dan keselarasan pola marmer di dinding. Benang yang akan dihubungkan melalui paku disilangkan baik secara vertikal maupun horizontal.

5. Tempelkan batu marmer

Setelah semua marmer dibor, kaitkan pada angkur yang tertempel di dinding. Lakukan proses pemasangan batu marmer secara vertikal agar lebih rapi dan tertata. Proses ini juga akan memudahkan Anda untuk mengurutkan nomor batu marmer yang sudah ditandai sebelumnya.

6. Finishing Pemasangan Dinding Marmer

Isi celah antara marmer dengan resin/mortar agar lebih menempel. Biarkan kering dan lap semua permukaan marmer dengan kain lembab. Untuk hasil yang sempurna, Anda bisa menghamplas resin ke celah-celah marmer hingga halus.