Marmer adalah jenis lantai yang umum digunakan karena memberikan kesan mewah pada ruangan. Lantai marmer dinilai mudah dirawat. Namun, Anda juga harus berhati-hati dengan perawatannya, jika tidak marmer yang sebelumnya mengkilat bisa rusak.

Lalu bagaimana cara merawat dan membersihkan lantai marmer yang benar? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

1. Menggunakan sabun cair pencuci piring

Sabun cuci piring cair dapat menghilangkan kotoran dan noda dari lantai marmer. Untuk melakukan ini, taruh sedikit cairan pembersih pada kain mikrofiber atau spons. Kemudian basahi kain dengan sedikit air dingin dan usap perlahan permukaan marmer yang bernoda searah dengan arah serat marmer hingga nodanya hilang.

2. Menggunakan cairan pemutih pakaian

Pemutih juga bisa digunakan untuk membersihkan marmer. Caranya, tuangkan beberapa tetes pemutih ke permukaan marmer yang bernoda, lalu tutup dengan tisu yang juga sudah diberi pemutih. Kemudian rekatkan dengan selotip. Tunggu hingga noda berpindah ke kain dan bersihkan kembali dengan sabun cair.

3. Gunakan cairan pembersih ringan

Marmer adalah jenis batu yang berbeda dari jenis batu lainnya, sehingga lebih mudah merusaknya dengan produk pembersih biasa. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat menggunakan pemutih untuk membersihkannya.

Sebaiknya bersihkan noda pada lantai marmer dengan cairan pembersih khusus, yaitu pembersih marmer yang lembut. Pembersih yang lembut dapat membersihkan marmer dengan baik, sehingga tahan lama dan sulit rusak.

4. Hindari menggunakan pembersih ubin keramik

Produk pembersih yang disebutkan di atas harus digunakan untuk membersihkan dan merawat lantai marmer. Selain itu, hindari penggunaan pembersih ubin keramik pada marmer karena dapat menyebabkan marmer tampak kusam.

5. Sediakan alas untuk barang-barang di lantai

Tips selanjutnya yang perlu diingat saat merawat lantai marmer adalah menghindari barang-barang berat tanpa alas. Pastikan untuk memberi alas di bawah benda keras yang diletakkan di lantai agar tidak ada kontak langsung antara lantai dan objek.

Itulah beberapa cara merawat dan membersihkan lantai marmer. Jika anda tertarik untuk memasang lantai marmer, anda bisa mengunjungi website marmertulungagung.info yang menyediakan Lantai Dinding Marmer Tulungagung, Meja Kursi Marmer, Wastafel Marmer Tulungagung dan lainnya.

Jadi, sudah nggak bingung lagi kan bagaimana cara merawat lantai marmer di rumah Anda? Yuk, praktikkan!