Selain marka jalan dan berbagai rambu informasi di sepanjang jalan tol, ada sejumlah objek yang juga dimanfaatkan pengelola sebagai alat keselamatan bagi pengendara.

Salah satunya yaitu crash cushion, benda berwarna kuning dan hitam yang teraplikasi dengan marka jalan dan ditempatkan di persimpangan antara pintu keluar atau off ramp dan jalan utama.

Dengan adanya crash cushion ini , dapat mengurangi kecelakaan fatal, seperti mobil tertusuk ujung guardrail saat mobil mengalami kegagalan rem atau kehilangan kendali.

Jika Anda mencari pabrik pembuatan crash cushion, Anda dapat mengunjungi pabrikcrashcushion.com yang merupakan satu-satunya pabrik yang memproduksi dan jual crash cushion system ini.

Struktur Crash Cushion System

1. Frame

Frame berfungsi sebagai pembatas antara setiap kolom yang berisi absorber crash cushion. Frame merupakan suatu komponen yang mempunyai fungsi utama sebagai rangka yang dapat menstabilkan gerakan pada saat terjadi benturan.

2. Absorber

Struktur ini merupakan bagian yang digunakan untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Sistem absorber ini mirip dengan fungsi airbag pada kendaraan.

3. Guardrail

Bagian ini merupakan komponen standar yang digunakan untuk memudahkan pergerakan antara rangka paling depan hingga backstop/terminal end. Fungsinya agar pergerakan dari sisi depan ke belakang bisa lebih maksimal. Guardrail ini umumnya sama dengan pembatas jalan, hanya kegunaan yang dihasilkan saja yang berbeda.

4. Front layer

Lapisan depan merupakan komponen langsung yang bertabrakan dengan kendaraan. Fungsinya untuk meredam kerusakan pada kendaraan. Karena benturan langsung pada permukaan frame akan menyebabkan kerusakan yang lebih serius.

5. Backstop

Komponen ini berfungsi sebagai penopang terakhir atas kecelakaan yang terjadi. Jika kecepatan kendaraan tidak dapat dihentikan oleh rangkaian rangka dengan peredam kejut, kecepatan akan diperlambat oleh backstop ini.

6. Rail

Bagian ini berfungsi sebagai jalur utama pergerakan frame. Komponen ini juga terhubung langsung dengan permukaan jalan.

7. Top cover dan Rail Cover

Sebagai pelindung absorber dari sinar matahari dan hujan. Karena ditakutkan akan membuat absorber lebih rentan terhadap korosi, meskipun telah dilapisi menggunakan proses hot dip galvanize.