Era modern yang disertai dengan kemajuan dalam manajemen organisasi, terutama dalam bisnis, tentu membutuhkan peran audit. Audit ini biasanya berfungsi untuk mendukung manajemen manajemen perusahaan. Selain itu, audit juga berfungsi sebagai kontrol yang dapat memastikan bahwa suatu bisnis berjalan sesuai rencana.

Dilansir dari Auditpembukuan.com, berikut beberapa manfaat audit keuangan yang bisa berdampak positif bagi pertumbuhan bisnis Anda.

1. Menjaga Kepatuhan

Tentu saja, ketika auditor mengaudit data keuangan, mereka memastikan bahwa organisasi bisnis telah mematuhi semua persyaratan hukum yang berlaku. Jika organisasi ditemukan telah melanggar peraturan dan tidak mengikutinya, auditor dapat melaporkannya.

2. Pelaporan Lebih Akurat

Saat mengaudit laporan keuangan, auditor mengidentifikasi kekurangan apa pun sebelum menyajikan temuannya kepada pemangku kepentingan. Dengan demikian, keandalan data yang dilaporkan menjadi lebih akurat dan dapat diandalkan.

3. Ketepatan Dalam Menentukan Laba

Audit keuangan membantu perusahaan menentukan profitabilitas dengan lebih akurat karena semua angka dihitung dengan cermat dan teliti. Oleh karena itu, dengan menggunakan jasa audit dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk meningkatkan kelancaran bisnis Anda.

4. Menyederhanakan Proses Pinjaman

Setelah laporan keuangan diverifikasi, lembaga keuangan seperti bank akan lebih mudah meminjamkan uang. Hal ini tentu saja karena laporan keuangan yang telah diaudit lebih andal dan tidak mudah dipalsukan.

5. Deteksi Kecurangan

Jika penipuan atau kecurangan dapat terjadi dalam organisasi bisnis, hal itu dapat segera terungkap dengan bantuan audit. Karena seorang auditor akan selalu menyusun laporan keuangan tahunan perusahaan atas dasar keaslian fakta-fakta yang telah ditetapkan.

6. Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

Seorang auditor merupakan pihak yang independen, sehingga tidak semua pendapat dan saran berpihak pada kepentingan pribadi. Auditor adalah pihak yang tepat untuk memberikan nasihat keuangan untuk meningkatkan sistem bisnis, praktik akuntansi, dan tata kelola keuangan perusahaan.

7. Membantu Perencanaan dan Penganggaran

Audit keuangan memastikan keakuratan laporan keuangan perusahaan dengan menganalisis setiap transaksi yang dilakukan. Dengan demikian, pergerakan uang keluar dan masuk dapat terinci dengan jelas.

Jangan sampai kredibilitas perusahaan dianggap remeh karena tidak bisa memberikan laporan keuangan yang andal. Inilah sebabnya mengapa layanan jasa audit sangat penting untuk meningkatkan keberhasilan bisnis Anda.