Menjaga kebersihan dapur penting untuk menjaganya tetap bersih. Dapur memiliki peran yang begitu penting di dalam rumah. Karena di sinilah tempat memasak untuk seluruh keluarga berlangsung. Tentunya kebersihan dapur dengan segala peralatan dapur juga harus dijaga dengan baik.

Berikut 5 cara menjaga kebersihan dapur yang wajib dilakukan:

1. Selalu cuci peralatan masak setelah digunakan

Setelah selesai memasak, sebaiknya peralatan dapur yang Anda gunakan tidak dicuci terlalu lama. Segera bilas peralatan dapur Anda setelah digunakan, baik itu panci, wajan, talenan, atau pembersih kompor gas.

2. Ganti spons secara teratur

Selain kebersihan peralatan dapur di dapur, Anda juga harus memperhatikan kondisi spons. Spons pencuci piring menghilangkan berbagai macam kotoran dari cucian setiap hari, sehingga rentan terhadap kuman.

Tapas cuci bisa menjadi solusi kebersihan untuk menghilangkan kerak atau kotoran pada peralatan masak Anda. Tapas cuci bisa Anda dapatkan dari situs yang jual tapas cuci seperti Solusikebersihan.Id.

3. Masak makanan sampai matang sempurna

Berbagai jenis mikroorganisme dapat tetap berada dalam daging mentah, telur dan sayuran. Akibatnya, keracunan makanan atau masalah kesehatan lainnya bisa terjadi.

Oleh karena itu, Anda harus memasak makanan Anda sampai benar-benar matang. Cuci sayuran dan buah-buahan secara menyeluruh sebelum dimasak.

4. Buang sampah secara teratur

Kebersihan dapur juga ditentukan oleh kondisi tempat sampah. Cobalah membuang ke tempat sampah yang dilengkapi dengan penutup. Hal ini tidak hanya mencegah bau tak sedap di dapur, tetapi juga membantu mengurangi risiko penyebaran penyakit melalui sampah.

5. Membersihkan meja dan lantai dapur

Untuk kebersihan dapur, kita tidak boleh melupakan kebersihan meja dan lantai. Gunakan cairan pembersih dan lap microfiber untuk menghilangkan kotoran dan partikel makanan dari permukaan meja.

Anda bisa memesan lap microfiber secara online dari website yang jual lap microfiber seperti Solusikebersihan.Id. Hal yang sama berlaku untuk lantai dapur. Pastikan untuk menyapu dan mengepel lantai dapur secara menyeluruh sampai benar-benar bersih.

Itulah tadi 5 cara untuk menjaga kebersihan dapur yang wajib untuk Anda lakukan. Tunggu apa lagi?!