Plakat adalah jenis barang yang khusus dibuat dari bahan tertentu. Penggunaan plakat biasanya adalah sebagai hadiah untuk seseorang pada acara tertentu.

Biasanya pembuatannya menggunakan dari bahan akrilik atau fiberglass yang kemudian berfungsi untuk ucapan selamat ulang tahun atau kenang-kenangan.

Selain itu biasanya juga untuk acara pernikahan dan penghargaan, yang umumnya menggunakan jenis dan bahan marmer atau kaca. Seperti plakat vandel marmer dari kerajinan batu alam Bintang Antik Sejahtera.

Selain itu, masih banyak kerajinan lainnya yang mereka buat, seperti bongpay untuk makam Kristen modern, wastafel batu marmer, name board marmer dan banyak lagi.

Nah, berikut ini beberapa jenis plakat yang sering kita lihat:

Plakat Akrilik

Plakat akrilik merupakan kerajinan modern yang banyak diminati konsumen. Selain proses pembuatannya yang sederhana, plakat ini memiliki ketahanan benturan dan cuaca yang baik.  Selain itu plakat ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki dana terbatas.

Plakat Fiber

Plakat Fiber adalah produk yang terbuat dari bahan campuran dan kemudian dicetak menjadi bentuk custom. Desain plakat fiber juga memiliki tampilan modern dan kontemporer dan dapat diubah menjadi miniatur, piala, dan bentuk yang lebih sederhana. Biasanya kualitas bahan dan tanda fiber yang elegan tergantung pada pemilihan bahannya.

Plakat Kayu

Plakat kayu merupakan produk kerajinan tangan yang terbuat dari kayu pilihan. Hasil plakat dari bahan kayu bisa lebih awet, kuat dan tahan lama. Namun karena proses pembuatannya yang sedikit rumit dan sulit untuk diukir, tak heran jika harga plakat kayu menjadi mahal.

Plakat Logam

Plakat logam adalah kerajinan yang terbuat dari bahan kuningan, aluminium, stain dan berbagai bahan logam lainnya. Pada dasarnya penggunaan kerajinan logam ini adalah sebagai hiasan, juga untuk penghias suatu tempat, atau bisa juga untuk penghias ruangan. Karena memiliki warna metalik yang mewah sehingga lebih tahan lama dan terkesan lebih elegan.

Plakat Resin

Plakat resin biasanya lebih elegan dan sangat indah, bahannya bening tetapi tidak seperti kaca, transparan seperti kristal tetapi mudah dibentuk. Proses pembuatan plakat resin hampir sama dengan plakat fiber yang di cetak menggunakan cetakan yang sudah jadi.

Teknik plakat merupakan cara untuk memberikan tampilan cat yang bold, solid, dan padat dengan menggunakan media cat air, cat minyak, dan lain-lain.