UMKM atau usaha mikro, kecil dan menengah merupakan salah satu mesin penggerak perekonomian Indonesia. Menurut data, sekitar 60% produk domestik bruto (PDB) Indonesia berasal dari jenis usaha UMKM.

Kehadiran jenis usaha UMKM ini juga telah berhasil membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Pemerintah terus mendorong UMKM untuk berkembang lebih jauh. Bahkan, tidak sedikit dukungan yang diberikan kepada para pemilik usaha dalam bentuk pelatihan dan bantuan modal. Seperti yang dilakukan pemerintah melalui BRI yang cara daftar untuk mendapatkan bantuan UMKM bisa dilakukan secara online dan melalui https://koranpangkep.co.id bisa Anda temukan cara daftarnya secara lengkap.

Bagi Anda yang ingin memasuki dunia usaha yang mendapat dukungan dari pemerintah, berikut adalah jenis-jenis UMKM terpopuler di Indonesia.

Jenis usaha UMKM kuliner

Jenis usaha UMKM yang paling populer di Indonesia adalah di bidang kuliner. Anda mungkin tahu bahwa sudah banyak pelaku bisnis di bidang kuliner yang datang dengan berbagai inovasi makanan dan minuman.

Setiap pelaku ekonomi juga memiliki kekhasan dalam menjual produk kuliner di pasaran. Mereka yang hobi memasak juga bisa memanfaatkan hobi ini untuk menghasilkan uang dengan menjadi pengusaha UMKM di bidang kuliner.

Jenis usaha UMKM kuliner yang bisa dipilih pun beragam. Dari tradisional hingga modern. Bisa dalam bentuk snack atau makanan berat.

Namun, pastikan Anda menjual produk makanan atau minuman yang berbeda dari vendor lain agar dapat menarik perhatian pelanggan. Ketika Anda menyajikan sesuatu yang baru dan berbeda, pelanggan cenderung lebih tertarik untuk melakukan pembelian.

Jenis Usaha menurut UMKM Fashion

Selain kuliner, jenis usaha ini juga sangat populer yaitu industri fashion atau pakaian di Indonesia. Selain itu, kebutuhan pakaian Anda juga berbeda setiap harinya. Mulai dari beribadah, bekerja dan berpakaian hingga bersantai.

Anda juga bisa terlibat dalam memulai bisnis di industri pakaian. Jika ingin menjadi pelaku usaha UMKM fashion tidak perlu bisa menjahit atau mendesain baju. Karena saat ini sudah banyak pengusaha di industri fashion yang menjadi reseller atau dropshipper.

Jenis UMKM otomotif

Dengan kemajuan pembangunan, perkembangan dunia otomotif di Indonesia juga berkembang pesat. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah sepeda motor dan mobil. UMKM dengan keahlian di bidang otomotif memanfaatkan kesempatan ini untuk mendirikan perusahaan sendiri.

Beberapa contohnya adalah bengkel suku cadang, jasa cuci mobil dan motor serta jasa perbaikan kendaraan. Namun, penting untuk diketahui jika ingin memulai bisnis di bidang otomotif membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Itulah tadi beberapa jenis UMKM yang populer di Indonesia. Semoga informasinya bisa bermanfaat!