Banyak orang mendengarkan musik saat merasa lelah atau bahkan dalam kondisi tertentu karena musik merupakan salah satu hiburan untuk banyak orang.

Sebagai bentuk hiburan, musik dapat didengar dalam berbagai kondisi. Misalnya, ketika orang berolahraga, mereka mendengarkan musik untuk bersantai. Banyak dari mereka juga mendengarkan musik di tempat kerja agar merasa lebih nyaman.

Saat ini, orang dapat mendengarkan musik dengan cara yang berbeda. Ada orang yang lebih suka mendengarkannya secara online. Namun, ada juga yang lebih suka mendengarkannya secara offline. Dengan cara mendownload lagu tersebut salah satunya bisa Anda lakukan melalui Tubidy.

Ya tentu saja karena bisa menghemat kuota dan baterai HP. Selain itu, mendengarkan offline tidak perlu khawatir jika Anda ingin mendengarkan musik tetapi sinyalnya tidak bagus.

Akantetapi meskipun bermanfaat untuk kesehatan mental, mendengarkan musik secara sembarangan dapat berdampak negatif pada pendengaran Anda. Nah berikut adalah cara aman untuk mendengarkan lagu.

1. Atur volume dengan bijak

Tanda seseorang mendengarkan musik terlalu keras adalah ketika suaranya tidak nyaman di telinga. Biasanya menyebabkan pusing atau nyeri pada gendang telinga. Jika Anda menggunakan headphone dengan suara yang terdengar oleh orang lain, itu berarti volume musik yang Anda dengarkan terlalu keras. Maka dari itu atur volume lagu jangan sampai terlalu keras.

2. Durasi dan intensitas suara

Saat mendengarkan musik, gunakan aturan 60/60. Itu berarti Anda tidak mendengarkan musik selama lebih dari 60 menit sehari. Juga, atur volume jangan sampai melebihi 60 persen volume maksimum.

3. Jangan dengerin musik sambil tidur

Bahkan, bagi sebagian orang, musik digunakan sebagai penyangga untuk membantu mereka tidur lebih nyenyak. Namun bukan berarti Anda bisa mendengarkan musik sampai pagi dan lupa melepas headphone.

Gunakan fungsi pengatur waktu untuk mematikan lagu sesuai waktu yang ditentukan. Anda dapat mendengarkan lagu hingga 30 menit agar telinga Anda tetap sehat dan tidak terganggu.

4. Gunakan headphone

Lebih baik menggunakan headphone daripada earphone yang bisa memblokir kebisingan eksternal saat mendengarkan musik. Menggunakan alat ini dapat membantu Anda mendengarkan musik pada volume yang lebih rendah. Sebaiknya menggunakan headphone secara teratur jangan berlebihan.

5. Gunakan penyumbat telinga(earplug) saat mendengarkan musik live

Saat mendengarkan pertunjukan musik, sebaiknya gunakan penutup telinga untuk mengurangi kebisingan. Menggunakan alat ini tidak akan mempengaruhi kenikmatan seseorang yang mendengarkan musik secara langsung.

Yang perlu  Anda ingat, harus selalu mendengarkan musik dengan hati-hati agar telinga Anda tetap sehat.