Di Indonesia, haji merupakan ibadah yang ditunggu-tunggu dan dicari oleh seluruh umat Islam Indonesia dari berbagai kalangan.

Dan ada dua kategori pembayaran jika ingin memilih haji, yaitu kategori Haji Reguler dan kategori Haji Plus. Namun, ada perbedaan yang signifikan antara haji plus dan haji reguler. Berikut penjelasannya:

1. Biaya

Biaya untuk melaksanakan ibadah haji tidaklah sedikit. Bagi Anda yang berniat menunaikan ibadah haji namun dengan biaya yang terbatas, Anda bisa memanfaatkan paket haji reguler dengan biaya sekitar Rp 39.000.000 tergantung paket makan.

Adapun biaya haji plus tentunya sangat berbeda dengan haji biasanya. Sebagai calon peziarah, setidaknya Anda harus siap merogoh kocek sekitar Rp 130.000.000.

2. Waktu tunggu keberangkatan

Tentunya jika memilih haji plus akan berangkat sedikit lebih cepat dari haji biasanya, bisa berangkat tahun ini atau harus menunggu sekitar 5-7 tahun untuk bisa berangkat ke Tanah Suci.

Namun, jika Anda memutuskan untuk melakukan haji reguler, Anda mungkin harus sangat bersabar karena waktu tunggunya jauh lebih lama daripada Haji Plus yaitu sekitar 10-20 tahun.

Dan demi kenyamanan juga keamanan anda, kami merekomendasikan layanan haji plus dari Aksaraumroh.net karena sudah terbukti terpercaya dan juga sudah terdaftar di Kementerian Agama yang memiliki reputasi baik, memiliki waktu keberangkatan yang jelas beserta harga yang wajar.

3. Lama tinggal di Tanah Suci

Ketika haji dilakukan, lama tinggal di Tanah Suci juga ditentukan. Jika memilih haji plus, biasanya membutuhkan waktu sekitar 25 hari di Tanah Suci. Sedangkan untuk haji biasa sekitar 40 hari. Semua ini dihitung dari keberangkatan hingga kembali ke negara asalnya.

4. Akomodasi dan konsumsi

Bagi Anda yang memilih haji plus akomodasi dan makan, pihak penyelenggara akan mengurus semuanya dari awal hingga hari terakhir di Tanah Suci. Dengan demikian para peziarah tidak perlu diganggu dan dibingungkan selama ziarah mereka mencari perlindungan, makanan, dan refleksi.

Berbeda untuk haji biasa, disini semua akomodasi dan konsumsi bukan tanggung jawab penyelenggara. Anda juga harus bersiap-siap untuk menyiapkan perbekalan untuk memasak di Tanah Suci atau bisa membelinya di warung makan atau restoran terdekat tempat Anda menginap.

5. Penginapan di Tanah Suci

Bagi Anda yang lebih memilih haji plus, jangan khawatir karena pihak penyelenggara telah menyiapkan akomodasi Anda di Tanah Suci, lebih dekat dengan Masjidil Haram. Sehingga Anda bisa lebih khusyuk dan memaksimalkan ibadah haji.

Sedangkan untuk haji biasa, akomodasi cukup jauh, sekitar 2-5 kilometer dari Masjidil Haram seperti yang dipersyaratkan oleh pemerintah.

Bagi Anda yang akan berhaji baik itu haji plus atau haji biasa, semua kembali lagi pada niat Anda.