Ada dua jenis pendaftaran haji yaitu haji plus dan haji reguler. Nah, haji plus diselenggarakan oleh agen yang dikontrak dan ditunjuk oleh pemerintah.

Sedangkan haji reguler diselenggarakan langsung oleh pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia. Namun, mendaftar haji plus lebih mudah dibandingkan dengan haji reguler.

Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih travel atau biro perjalanan haji plus:

Cari yang legalitas terpercaya

Dari sisi legalitas, ini jelas merupakan syarat mutlak karena menyangkut kredibilitas dan tanggung jawab sebagai penyelenggara ibadah haji sejak keberangkatannya saat berada di Tanah Suci hingga kembali dengan selamat dan seterusnya ke tanah air. Seperti travel haji dan umroh dari PT Alhijaz Indowisata yang menawarkan haji plus dengan biaya haji plus yang banyak pilihan paket dan tentunya amanah juga terpercaya.

Cari tahu tentang lokasi biro perjalanan

Hal ini perlu Anda lakukan agar lebih persuasif dengan melihat langsung kegiatan perusahaan, termasuk kegiatan pendaftaran calon jemaah haji.

Jangan terkecoh dengan harga murah

Harga murah dikenal sebagai godaan, tetapi belum tentu menjadi pilihan. Alasannya adalah jika harga yang ditawarkan "lebih murah" dari harga umum, mungkin ada unsur pengurangan biaya,  misalnya akomodasi penerbangan, hotel, transportasi dan lan sebagainya.

Periksa lama berdirinya perusahaan

Biasanya, semakin lama perusahaan itu berdiri, semakin matang pula sebagai operator tour umrah atau haji-plus.

Periksa biaya yang tidak ditanggung oleh perusahaan

Sebelum memilih biro perjalanan Travel Umrah atau Haji Plus, sebaiknya perhatikan berbagai fasilitas yang tersedia untuk Anda.

Cara Pembayaran

Jika melakukan pembayaran tunai, harus dilakukan langsung di perusahaan dengan memberikan bukti pembayaran berupa bukti pembayaran bercap perusahaan.

Tetapi apabila Anda dapat mentransfer uang, lakukan ke rekening atas nama perusahaan. Hindari melakukan pembayaran ke rekening atas nama Anda sendiri, meskipun itu adalah penanggung jawab perusahaan.

Periksa biro cabang

Jika Anda memutuskan untuk mendaftar melalui cabang, Anda harus memperhatikan perintah SK yang masih berlaku sebagai perwakilan resmi kantor pusat perusahaan, lokasi kantor perwakilan tetap, siapa yang bertanggung jawab atas kantor cabang, dan kepala kantor perwakilan. sumber daya manusia kantor perwakilan.

Semoga setelah menerapkan beberapa tips di atas, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan kasus penipuan yang mengatasnamakan biro perjalanan haji dan umroh.