Produksi buah pinang kering buatan warga sekitar harus memiliki potensi lokal untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai peluang usaha kecil yang layak bagi masyarakat.

Beberapa potensi manfaat buah pinang yaitu meningkatkan energi, menjaga kesehatan jantung, melindungi hati dari kerusakan, berpotensi menurunkan risiko kanker dan berpotensi mengurangi gejala skizofrenia (gangguan otak kronis).

Meski memiliki sejumlah potensi kesehatan, penggunaan buah pinang dalam jangka panjang tidak dianjurkan. Salah satu alasannya adalah buah ini, seperti zat psikoaktif lainnya, bisa membuat ketagihan.

Di balik fungsi tersebut ternyata pinang terutama buahnya dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan baku obat yang dibutuhkan sepanjang tahun. Bahkan menjadi sumber devisa untuk ekspor. Oleh karena itu, peluang bisnis pinang sangat mudah dan menjanjikan, apalagi siapa saja bisa membudidayakannya.

Selain buahnya bermanfaat, batang pinang juga dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga atau di kandang ternak sebagai pengganti kayu/papan. Walaupun daya tahannya tidak sekuat kayu dan harganya yang relatif murah, namun dapat menekan biaya pembelian barang fisik.

Salah satu peluang bisnis pinang ditekuni oleh warga Lhokseumawe yang membuka tempat jual pinang Aceh dengan kualitas dan mutu yang tinggi yang informasi lengkapnya bisa anda simak di Avanda.id.

Dari info yang kami dapat, ada dua jenis pinang yaitu pinang muda dan pinang tua. “Untuk harga kiloan Rp 6000 untuk pinang muda dan untuk pinang tua per kilo Rp 1300,-. Kalau dijual lagi ke agen yang lebih besar, harga yang ditawarkan Rp 7.000 untuk buah pinang muda, sedangkan yang lama Rp 7.000 tapi sudah dipisahkan cangkangnya,” katanya.

Buah pinang tua ini, setelah melalui agen besar melalui penjual, dikirim ke pabrik pengumpul buah pinang di Aceh kemudian ke India, Pakistan dan China untuk digunakan sebagai obat dan produk lainnya.Produk kecantikan seperti sabun, kosmetik, dll.  Sedangkan buah pinang yang masih muda dikirim ke China untuk dijadikan permen yaitu kulit buah pinang.

Nah, tertarik untuk menanam pohon pinang, selain harganya yang menarik ternyata merawat pohon pinang pada umumnya tidak sesulit pohon lainnya. Mari memulai bisnis, dimulai dari yang paling sederhana.