Ada berbagai strategi yang bisa diterapkan dalam digital marketing. Untuk mencapai tujuan yang maksimal, pastikan terlebih dahulu bahwa strategi digital marketing yang Anda pilih sudah tepat, mulai dari budgeting hingga resource dalam penerapannya.

Di bawah ini kami uraikan beberapa strategi atau teknik dasar digital marketing yang bisa Anda coba.

1. Google My Business (GMB)

Google Bisnisku atau Google Bisnisku adalah layanan yang berguna untuk menampilkan profil bisnis secara instan di halaman hasil pencarian Google. Data yang ditampilkan meliputi alamat, jam buka, dan peringkat toko.

Menggunakan Google Bisnisku memudahkan konsumen menemukan lokasi bisnis Anda. Anda juga dapat menampilkan ulasan konsumen teratas sebagai alat promosi. Saat menggunakan Google Bisnisku, penting untuk memastikan bahwa konsumen menilai bisnis Anda dengan cara yang juga membantu menggambarkan kepribadian bisnis yang baik.

2. Website

Website juga penting untuk menunjukkan identitas perusahaan secara online. Selain itu, website juga merupakan jaminan profesionalisme suatu perusahaan.

Jika Anda tidak ingin repot membangun situs web dari awal, anda bisa menggunakan jasa pembuatan website Jogja profesional seperti Second Vision Corp yang memang mempunyai tim dan SDM yang sudah berpengalaman.

Saat Anda ingin membuat website, sebaiknya Anda memilih ekstensi domain yang tepat seperti .com dan .co.id atau .id yang dapat menunjukkan sisi profesional dari website perusahaan Anda.

3. Email Marketing

Kepercayaan pelanggan akan meningkat ketika bisnis Anda terlihat profesional. Membuat alamat email profesional Anda sendiri dapat membuat bisnis Anda lebih profesional dan stabil. Bisnis Anda akan terlihat profesional dengan email seperti [email protected] daripada menggunakan email biasa seperti [email protected]

4. Copywriting

Terapkan copywriting untuk meningkatkan pemasaran digital Anda. Copywriting sendiri merupakan teknik menulis teks persuasif dan menarik untuk membujuk orang agar membeli produk yang ditawarkan. Untuk contoh penggunaan copywriting, lihat caption singkat media sosial Instagram.

5. Social Media Marketing‍

Strategi terakhir yang paling sering digunakan oleh para pebisnis adalah social media marketing. Alasannya cukup masuk akal dari data yang dilansir Hootsuite (We Are Digital): Indonesian Digital Report 2020, pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 160 juta dengan total populasi di atas 270 juta.

Dari data ini, dapat disimpulkan bahwa melibatkan konsumen potensial melalui media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk strategi pemasaran perusahaan.

Namun, ingatlah bahwa pemasaran media sosial tidak bisa dianggap enteng. Anda perlu melakukan riset audiens, membuat konten yang menarik dan mengevaluasinya dengan memantau wawasan data pemasaran di media sosial yang digunakan.