Merencanakan liburan bersama anak dapat menumbuhkan keharmonisan dan kedekatan. Dinamika liburan sekolah kerap dimanfaatkan para orang tua untuk mengajak anaknya berwisata. Dengan begitu bisa membuat hubungan antara anak dan orang tua bisa lebih harmonis dan lebih dekat.

Selain untuk mempererat silaturahmi, jalan-jalan bersama anak juga bisa digunakan untuk melepas penat dari hiruk pikuk pekerjaan. Tak bisa dipungkiri, sebagian orang tua seringkali malas dan malu untuk mengajak anaknya jalan-jalan. Hal ini biasanya terjadi karena orang tua takut anaknya akan kesulitan dan canggung saat bepergian.

Untuk mencari solusi mengatasi kekhawatiran tersebut, simak tips dan trik traveling seru bersama anak.

1. Tentukan tujuan yang tepat

Jika Anda berencana untuk mengajak si kecil berlibur, pastikan destinasi wisata yang Anda pilih sudah tepat. Sebab, tidak semua tempat wisata aman dan cocok untuk anak-anak. Bahkan, anak-anak mungkin tidak tertarik dengan kegiatan ini jika tujuannya membuat mereka bosan. Sebaiknya, pilih tempat wisata yang dekat dengan tempat tinggal anda.

Anda bisa melihat berbagai macam rekomendasi tempat wisata terdekat melalui Google Maps atau bisa langsung ke situs seperti Setapaklangkah.com yang selain menginformasikan berbagai tempat wisata juga menyajikan informasi menarik lainnya seperti rekomendasi angkringan terdekat dan juga rekomendasi toko batik terdekat.

2. Bawa ke tempat yang ramah anak

Bermain sambil belajar bisa menjadi sumber daya Anda saat mengajak anak Anda berlibur. Anak Anda tidak hanya akan terhibur, tetapi juga menjadi lebih pintar dan lebih berempati. Bermain di luar juga bisa menjadi tujuan yang menarik, mengenalkan anak pada lingkungan alam.

3. Sesuaikan anggaran Anda

Kenyamanan tidak harus jauh-jauh ke luar negeri, yang membutuhkan penerbangan dan hotel. Bepergian dengan mobil bersama anak-anak akan menjadi liburan yang menyenangkan. Bawa makan siang dari rumah dan piknik di taman untuk membantu memangkas pengeluaran anggaran.

4. Bawa apa yang Anda butuhkan

Hindari barang-barang yang tidak perlu. Buatlah daftar hal-hal yang benar-benar Anda butuhkan untuk membuat perjalanan Anda nyaman dan jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi Anda.

Mainan favorit harus dibawa agar anak tidak bosan, sedangkan obat-obatan harus dibawa jika anak sakit. Tinjau semua kebutuhan anak sebelum pergi.

5. Pahami anak-anak

Terkadang anak-anak sangat mengganggu orang tua mereka. Bepergian menjadi tidak nyaman ketika Anda marah di sepanjang jalan. Cobalah untuk lebih sabar dengan anak-anak agar perjalanan Anda menyenangkan. Selamat berlibur bersama anak-anak!