Instagram adalah platform yang sempurna untuk berbagi foto dan video yang berhubungan dengan kehidupan. Namun, segala sesuatu yang tersedia di Internet pasti menarik banyak penjahat seperti hacker yang mampu merugikan pengguna mana pun.

Nah, agar akun instagram anda tetap aman dari hacker, berikut beberapa tips penting yang telah kami rangkum dari Majalah Ponsel untuk melindungi akun Instagram Anda dari upaya penyusupan

Amankan akun Instagram Anda dengan 2FA

Anda mungkin akrab dengan otentikasi 2 faktor. Fitur ini dirancang untuk memungkinkan aktivitas masuk akun apa pun di perangkat diverifikasi langsung oleh pengguna. Dengan begitu, seseorang yang menemukan kata sandi Anda tidak memiliki akses instan ke akun Anda. Namun, Anda memerlukan verifikasi manual untuk mengaktifkannya, buka tab Keamanan - Otentikasi Dua Faktor.

Poin penting dengan otentikasi 2 faktor adalah Anda tidak membagikan kode verifikasi dengan siapa pun. Karena kode ini bersifat rahasia dan hanya dapat diketahui oleh pemiliknya masing-masing.

Periksa aktivitas login

Setiap aktivitas login akun dicatat oleh Instagram. Data yang dikumpulkan oleh Instagram adalah tanggal login, perkiraan lokasi perangkat saat login, terakhir kali akun dilihat, dan jenis perangkat yang digunakan. Data ini sangat berguna untuk memantau aktivitas akun pribadi Anda.

Anda juga dapat menggunakan halaman ini untuk langsung menghapus akun Anda dari perangkat yang tidak diinginkan. Dengan cara ini akun Anda tetap aman dan dapat diakses secara bebas oleh pengguna lain.

Pastikan akses email dan nomor telepon aman

Akses ke email dan nomor telepon sering dianggap remeh. Namun, nyatanya, kedua hal tersebut merupakan salah satu faktor utama yang bisa menyebabkan akun Instagram Anda diretas. Jadi, pastikan Anda telah mengamankan kata sandi dan akses ke email Anda. Karena email adalah bagian dari arah aplikasi untuk memeriksa.

Jika Anda lupa kata sandi akun Instagram Anda, Anda akan diminta untuk memverifikasinya melalui nomor telepon atau email yang terdaftar. Jika akun Instagram Anda masih terdaftar dengan alamat email asli (yang belum diverifikasi), segera buat alamat email baru atau daftar dengan alamat email yang sudah Anda miliki.

Catat nomor telepon yang Anda gunakan. Pastikan tidak ada pengguna lain yang memiliki akses ke nomor Anda (misalnya nomor WhatsApp). Kemudian gunakan juga nomor telepon asli untuk mendaftar akun Instagram. Jika Anda kehilangan akses ke nomor telepon - baik karena perangkat Anda hilang atau kartu SIM Anda rusak dll - segera ganti nomor telepon Anda dengan nomor lain.

Selain itu masih banyak lagi informasi tentang tips Instagram lainnya yang bisa Anda temukan di Majalahponsel.org dengan pembahasan yang lebih lengkap dan detail. 

Dan tidak hanya itu saja, masih banyak lagi informasi tentang media sosial yang lainnya seperti facebook, whatsapp, tiktok dan masih banyak lagi yang informasinya bisa bermanfaat untuk kita semua.