Saat Anda memasang WiFi di rumah, Anda pasti mengira hanya orang di rumah saja yang bisa mengaksesnya.Namun, Anda juga perlu waspada untuk mencegah router nirkabel Anda menjadi sasaran serangan peretasan yang juga dikenal sebagai penyadapan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, untuk menghindari masalah ini, simak tips berikut yang benar-benar bisa untuk mengusir pembobol WiFi:

Buat kata sandi yang unik namun efektif

Semua router WiFi yang digunakan untuk pertama kali memiliki nama pengguna dan kata sandi yang ditetapkan secara default. Dan ini adalah kerentanan di mana peretas dapat dengan mudah memahami dan mencuri sinyal WiFi Anda. Karena itu Anda harus mengganti kata sandi default dengan kata sandi yang Anda buat sendiri. Anda dapat mengetahui cara mengubah kata sandi WiFi di sini.

Ubah kata sandi secara teratur

Ini mungkin terdengar rumit, belum lagi Anda harus mempertimbangkan kembali cara mengatur kata sandi baru. Namun nyatanya, cara ini sangat efektif. Buat jadwal (seminggu sekali, sebulan sekali, atau sesuai kebutuhan) untuk mengganti password hotspot WiFi secara berkala.

Ubah nama SSID WiFi

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, router WiFi memiliki nama pengguna dan kata sandi yang telah ditetapkan dari pabrikan atau penyedia layanan WiFi. Jadi, selain kata sandi, Anda juga harus mengubah nama jaringan WiFi atau yang disebut SSID (Service Set Identifier) ​​untuk mencegah serangan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Aktifkan enkripsi WPA2

Ada banyak alat peretasan - bahkan yang "gratis" - yang dapat digunakan peretas untuk memantau dan mengganggu aktivitas online Anda di jaringan WiFi yang lemah. Karena itu, Anda harus meningkatkan perlindungan keamanan WiFi Anda dengan mengaktifkan enkripsi pada level terkuat, yaitu setidaknya WiFi Protected Access 2 (WPA2), yang juga dibagi menjadi beberapa jenis. Karena enkripsi paling aman yang tersedia saat ini adalah WPA2, Anda harus mempertimbangkan untuk memutakhirkan jika enkripsi router Anda belum ada di versi ini.

Matikan router nirkabel saat Anda tidak di rumah

Tip terakhir, Matikan router nirkabel jika Anda benar-benar tidak membutuhkannya. Misalnya, ketika Anda dan keluarga memiliki aktivitas di luar ruangan, Anda hanya perlu mematikan router nirkabel di rumah. Ini, tentu saja, untuk mencegah kejahatan dunia maya yang tidak terduga.

Agar bisa mengetahui siapa yang menyadap wifi Anda, Anda bisa melihat panduan cara mendeteksi pencuri wifi tersebut melalui Dubidam.id. Selain itu masih banyak lagi informasi lain seperti cara cek FUP internet Indihome Telkom,  cara memperbaiki kesalahan pembaruan Windows, dan juga informasi tentang teknologi yang lainnya.

Itu adalah beberapa tips tentang cara melindungi WiFi rumah Anda dari pencuri koneksi atau pembobol. Semoga bermanfaat, ya!