Mengatasi anak kecanduan gadget memang perlu dilakukan sesering mungkin. Karena masalah tersebut dapat mempengaruhi proses belajar dan perkembangan anak. Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan anak menjadi kecanduan game online. Bagaimana cara mengatasi anak yang kecanduan HP? Simak tipsnya pada artikel di bawah ini.

Menurut situs Sutardja center for entrepreneurship and technology, siapa pun tanpa memandang usia, jenis kelamin, atau ras dapat menjadi kecanduan gadget atau gawai. Kecanduan yang terjadi pada masa kanak-kanak dapat menghambat proses pertumbuhan dan perkembangan serta menimbulkan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental.

Lantas bagaimana cara mengatasi anak yang kecanduan HP? tips-tips berikut dapat membantu Anda dalam hal ini.

1. Kembangkan kegiatan bermain secara langsung

Catherine Steiner Adair, peneliti di Harvard Medical School dan penulis The Big Disconnect: Protecting Childhood and Family Relationship in The Digital Age, berbagi nasehat untuk orang tua di era digital.

Ia mengatakan mengatasi anak-anak yang kecanduan gadget dan memastikan mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain dan belajar secara langsung, bukan dari layar. Selain mencegah kecanduan ponsel, bermain di luar rumah juga baik untuk kesehatan tubuh anak.

2. Jadilah contoh yang baik

Anak-anak menjelajah dari dekat bahkan anak meniru kebiasaan orang tuanya. Jika sering terlihat bermain gadget, anak pasti akan mengikuti kebiasaan ini. Mengutip situs web Common Sense Media, salah satu cara paling efektif untuk merawat anak-anak yang kecanduan HP adalah dengan memberi contoh.

Jika Anda tidak ingin anak Anda bermain dengan smartphone, Anda juga perlu mengetahui cara mengatur waktu penggunaan perangkat dengan bijak. Jangan sampai kena banned, tapi kamu sendiri masih terpaku pada gadget itu sendiri. Larangan Anda pasti tidak akan membawa hasil apa pun.

3.Hindari menempatkan gadget sembarangan

Anak-anak menjadi akrab dan terlibat dengan gadget ketika mereka dapat mengakses perangkat tersebut dengan mudah. Oleh karena itu, untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak, hindari menempatkannya sembarangan. Selain itu, pastikan kamar anak bebas dari alat-alat tersebut.

Jika perangkat diperlukan untuk operasional sekolah, lakukan riset dan batasi penggunaannya seketat mungkin. Beri dia batas waktu untuk menggunakan perangkat dan cegah dia membuka aplikasi lain yang tidak terkait dengan kebutuhan sekolah.

4.Bersikap tegas dan konsisten

Membebaskan anak dari gadget kesayangannya bisa membuatnya tantrum. Kondisi ini memang sulit untuk dikelola. Namun, ingatlah bahwa Anda harus konsisten menerapkan aturan yang telah ditetapkan.

Jangan biarkan Anda merasa kasihan pada anak Anda. Ingatlah selalu bahwa tujuan Anda adalah membebaskan anak dari kecanduan gadget yang dapat berdampak buruk bagi masa depan mereka. Tantrum memang situasi yang memalukan, tapi yakinlah, ini baru permulaan. Jika Anda tetap konsisten, Anda akan melihat kemenangan yang jauh lebih besar.

5. Minta bantuan tenaga profesional

Jika langkah-langkah di atas tidak memberikan efek maksimal. Atau mungkin anak menjadi stres, cemas, atau bahkan depresi. Dalam hal ini, cobalah berkonsultasi dengan tenaga profesional seperti dokter atau psikolog anak.

Jangan ragu untuk mengobrol dengan mereka dan minta saran pengasuhan yang lebih baik. Mereka akan membantu Anda menghadapi anak-anak yang kecanduan gadget.

Sayangnya, banyak sekali orang tua yang membiarkan anaknya bermain gadget tanpa memikirkan dampaknya karena pengetahuan yang kurang luas.

Dan untuk menambah wawasan, Anda dapat mencarinya di portal-portal berita salah satunya adalah Gemerlapnet yang merupakan portal berita milenial kekinian yang memiliki banyak informasi tentang teknologi, keluarga, hiburan, film, fashion , parenting dll.

Itulah beberapa tips agar anak tidak kecanduan gadget. Penting untuk mengajarkan anak sejak dini untuk menggunakan gadget sesuai kebutuhan. Semoga informasi ini bermanfaat.