Sebagian orang mungkin sudah familiar dengan aplikasi Microsoft Excel. Di beberapa lembaga pendidikan, Microsoft Excel mungkin sudah diperkenalkan kepada siswa SD sebagai salah satu mata pelajaran.

Meskipun diperkenalkan sangat awal, beberapa orang mungkin masih belum sepenuhnya memahami aplikasi ini terbukti dengan tersedianya pelatihan dasar penggunaan Microsoft Excel.

Aplikasi yang diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 1987 ini memiliki banyak keunggulan. Beberapa profesi di bidang seperti akuntansi atau administrasi bahkan dituntut untuk menguasai cara kerja Microsoft Excel.

Berikut rangkuman manfaat penggunaan Microsoft Excel:

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengolah dan menghitung data numerik (angka). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus dalam spreadsheet.

Bentuk lembar kerja pada Microsoft Excel berbeda dengan Microsoft Word. Spreadsheet di Microsoft merupakan kumpulan sel yang disusun dalam baris dan kolom, atau biasa dikenal dengan sistem spreadsheet.

Data dalam spreadsheet Microsoft Excel dapat dihitung dan diproses dengan presisi menggunakan beberapa rumus yang tersedia. Selain itu, ada beberapa alat di Microsoft Excel yang mampu menampilkan hasil olahan data.

Penyajian data dalam spreadsheet dapat dilihat sebagai tabel, grafik atau grafik garis. Aplikasi pengolah data digital ini masih merupakan bagian dari paket Microsoft Office yang dapat diakses di komputer desktop dengan sistem operasi Windows dan MacOS.

Manfaat Microsoft Excel

Keuntungan mendasar dari Microsoft Excel adalah memudahkan pengguna untuk mengolah data numerik. Dengan Microsoft Excel, perhitungan dan pembacaan data sebagai angka tidak perlu dilakukan secara manual.

Diantara keunggulan tersebut, Microsoft Excel memiliki beberapa manfaat yang dapat dieksplorasi. Berikut manfaat tersebut:

    • Untuk menghitung set data dalam berbagai operasi, seperti perkalian, pembagian, pengurangan dan penjumlahan.
    • Membuat daftar laporan keuangan
    • Untuk mencari nilai dari kumpulan data, misalnya nilai terendah atau terkecil, tertinggi, tengah dan rata-rata
    • Pembuatan daftar nilai
    • Membuat absensi atau daftar hadir
    • Perhitungan Nilai Tukar/kurs mata uang
    • Untuk menyajikan data dalam berbagai bentuk, tabel, grafik, diagram batang, dll.

Agar pengolahan data numerik menjadi akurat, pengguna harus menggunakan rumus-rumus tertentu pada lembar kerja Microsoft Excel. Ada berbagai jenis rumus yang dapat digunakan untuk mengolah data, sehingga tidak perlu menghitungnya secara manual.

Berbagai rumus excel tersebut bisa dengan mudah Anda temukan, salah satunya di Microsoftexcel.id yang sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar excel secara lengkap. Mulai dari Microsoft Excel dasar, rumus excel, tutorial excel, dll bisa Anda pelajari dengan mudah.

Demikianlah tadi manfaat penggunaan Microsoft Excel, semoga informasinya bermanfaat untuk Anda!