Dengan memilih jenis surat lamaran yang tepat, Anda sebagai kandidat langsung tampil profesional di mata perekrut. Anda juga dapat mempresentasikan berbagai informasi yang Anda tampilkan dalam surat pengantar agar lebih baik. Selain itu, memahami berbagai jenis surat lamaran kerja akan membantu Anda menyesuaikan gaya Anda dengan situasi.

Jenis surat lamaran dapat sangat bervariasi tergantung pada bagaimana deskripsi pekerjaan diterbitkan oleh perusahaan dan di mana Anda mengirimkan surat lamaran Anda. Berikut adalah beberapa jenis surat lamaran kerja yang dapat dipilih.

1. Model terpisah

Contoh surat lamaran ini terpisah dari CV. Resume atau curriculum vitae dilampirkan pada lembar lain. Jenis surat lamaran ini lebih pendek. Selain itu, curriculum vitae lebih lengkap dari segi isi karena memuat riwayat pendidikan dan seluruh data diri secara lengkap. Lampiran lainnya juga mencakup gelar, sertifikat pendukung, dan berbagai persyaratan aplikasi lainnya.

2. Model gabungan

Berbeda dengan surat lamaran terpisah, contoh ini digabungkan dengan CV. Templat gabungan ini juga menyertakan resume. Misalnya data pengalaman kerja, pendidikan, dll. Kehadiran CV gabungan sangat membantu dalam meyakinkan perekrut akan kualifikasi kandidat. Perlu ejaan yang benar agar instansi/perusahaan yang dituju mempertimbangkan calon.

3. Surat lamaran tradisional

Surat lamaran jenis ini ditulis untuk melamar pekerjaan tanpa mengandalkan jaringan. Kandidat mengirimkan aplikasi mereka langsung ke perekrut, agen tenaga kerja sementara dan departemen sumber daya manusia. Saat membuat surat lamaran kerja ini, Anda harus lebih kreatif untuk menarik perekrut. Tuliskan prestasi berbeda yang Anda miliki, keterampilan berbeda, dan pastikan Anda termotivasi untuk melamar pekerjaan.

4. Surat lamaran kerja networking

Jenis surat lamaran ini adalah yang paling informal dan terpendek. Karena surat lamaran ini tidak dikirimkan ke perusahaan, melainkan ke mantan rekan kerja, mentor, sahabat dan kontak lainnya yang sudah Anda kenal. Dengan adanya surat lamaran ini, calon ingin mendapatkan bantuan dari karyawan atau orang dalam untuk mendapatkan pekerjaan. Dukungan adalah retensi kandidat ke perusahaan. Harapannya nanti calon bisa direkrut.

5. Surat Lamaran Online

Dengan pesatnya perkembangan teknologi internet, jenis surat lamaran online ini banyak dipilih oleh perusahaan. Sebagai kandidat, Anda cukup membuat aplikasi dengan profil dan menggunakannya untuk melamar ke banyak perusahaan Format dan isi surat lamaran seperti ini biasanya ditentukan dengan jelas. Posisi kandidat hanya diisi sesuai menu yang tersedia di aplikasi.

Baik atau tidaknya surat lamaran Anda tidak hanya bergantung pada isinya tetapi juga pada bagaimana format dan penyajiannya. Untuk memahami bagaimana isi, format, dan tata letak yang sesuai, Anda juga perlu mengetahui tentang cara menulis dan contoh surat lamaran kerja yang baik yang sudah dibahas di Cleo.co.id.

Tentunya, Semakin baik surat lamaran Anda, semakin banyak perekrut akan mempertimbangkannya. Oleh sebab itu, harap perhatikan betul bagian-bagian yang perlu diteliti ketika membuat surat lamaran kerja.