Seiring berjalannya waktu, musik K-pop terus menyebar dan dikenal banyak orang. Bahkan bagi orang yang bukan penggemar K-Pop, tidak jarang mengetahui dan mendengar setidaknya satu atau dua judul lagu K-Pop.

Penyebaran musik K-pop yang lebih luas telah mendorong penulis lagunya untuk bereksperimen dengan genre lagu yang mereka bawakan. Motivasi ini telah digunakan oleh grup K-pop untuk merilis musik dengan elemen yang berbeda dan unik. Beberapa lagu berikut juga sudah bisa kamu unduh melalui situs-situs download lagu seperti GudangLagu.

Berikut beberapa lagu K-pop bergenre rock terbaik yang dirilis tahun ini.

1. Test Me - Xdinary Heroes

Jika beberapa band memasukkan unsur rock ke dalam lagunya sebagai sesuatu yang baru, Xdinary Heroes berbeda. Sejak awal, grup JYP Entertainment menganggap genre rock sebagai identitas lagu-lagu mereka.

Misalnya, dalam lagu mereka "Test Me", Xdinary Heroes mengambil suara rock asli dan menggabungkannya dengan suara masing-masing anggota. Tidak jarang mereka mengambil lagu band lain dan mengubahnya menjadi semacam band rock.

2. Blessed-Cursed - ENHYPEN

Lagu "Blessed-Cursed" yang dirilis di album "Dimension: Answer" sebenarnya tidak memiliki unsur rock. Namun, dentuman gitar di lagu ini digantikan oleh irama drum dan bass elektronik yang mantap.

Nyanyian para member Enhypen pun membuat lagu ini semakin memukau saat dibawakan di atas panggung. Meski baru debut dua tahun lalu, band ini telah membuktikan bahwa mereka bisa mengusung konsep lagu apapun dengan nyaman.

3. ZERO - DRIPPIN

"Zero" dianggap sebagai lagu terbaik yang dirilis boy band Drippin tahun ini. Unsur rock yang dibawakan dalam lagu ini dikenal sebagai salah satu pengaruhnya.

Sementara trek dibangun di sekitar ketukan jebakan yang adiktif, iringan gitarnya yang memilukan menambah sentuhan liar yang dibutuhkan lagu tersebut. Penggemarnya sangat menantikan lagu comeback-nya lagi tahun ini.

4. Run BTS - BTS

Lagu ini bukanlah title track melainkan lagu B-side BTS yang baru-baru ini viral di media sosial melalui Run BTS Challenge. Lagu ini banyak diperbincangkan karena artis dan grup dari agensi HYBE ikut serta dalam tantangan tersebut.

Hal yang menarik dari lagu ini adalah bagaimana BTS menggabungkan genre hip-hop dan rock menjadi satu lagu. Petikan gitar yang membosankan yang menjadi instrumental dalam lagu ini menjadi salah satu highlight utama dan membuat lagu ini catchy.