PPC (Pay-Per-Click) adalah periklanan online di mana pengiklan hanya membayar setiap kali pengguna mengklik iklan. Ada berbagai macam jenis iklan PPC, namun yang paling umum adalah search ads. Iklan ini muncul ketika pengguna membuka mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dll.

Iklan pencarian PPC muncul dalam format teks di bagian atas atau bawah halaman mesin pencari. Jadi, penulisan ad copy dalam PPC adalah hal utama untuk membuat pengguna membuka situs web dan meningkatkan CTR (rasio klik per tayang). Selain itu, penulisan konten iklan dengan benar dapat meningkatkan relevansi iklan.

Jika anda kesulitan dan membutuhkan bantuan dalam memasang iklan digoogle, anda bisa menggunakan layanan dari Digiten.id yang merupakan Digital Marketing Agency Bekasi yang sudah berpengalaman dalam pemasangan iklan Google Ads.

Sebab, menulis teks singkat untuk iklan di Google Penelusuran mungkin tampak mudah. Namun kenyataannya, banyak pengiklan menghadapi tantangan untuk menarik perhatian audiens hanya dengan karakter yang terbatas.

Bagian dari teks iklan Google Ads

Judul - 3 bagian, 30 karakter

Judul adalah frase judul. Bagian biru ini yang berukuran paling besar, jadi penting untuk menulis apa yang relevan bagi pengguna.

Deskripsi - 2 bagian, 90 karakter

Deskripsi adalah kalimat penjelas. Bagian hitam ini lebih kecil tetapi dapat menampung lebih banyak kata.

URL Path - 2 bagian, 15 karakter

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa URL Path dapat dimodifikasi di iklan penelusuran Google Ads. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengoptimalkan dengan menulis keyword.

Catatan: Saat menulis judul dan deskripsi, prioritaskan informasi penting di awal, karena bagian terakhir teks iklan mungkin tidak ditampilkan di perangkat seluler karena kekurangan ruang.

Ada beberapa hal yang bisa kita siapkan untuk inspirasi sebelum membuat konten iklan untuk search ads Google Ads yaitu:

Memahami konsumen
Cara terbaik untuk menarik perhatian audiens Anda adalah dengan menunjukkan bahwa Anda memahami masalah mereka dan dapat menawarkan solusi, daripada hanya menonjolkan karakteristik atau merek perusahaan Anda.

Bayangkan pelanggan audiens target Anda, dimulai dengan masalah yang mereka hadapi, kata-kata yang mereka ketik di bilah pencarian, menulis copywriting yang menarik, dan diakhiri dengan halaman arahan tempat mereka menemukan jawaban - semuanya harus relevan dan berkesinambungan, untuk memberikan kepuasan pengalaman pelanggan.

Ad copy terbaik adalah yang memenuhi harapan pelanggan, sama seperti pengiklan dapat membaca pikiran Anda.

Competitor Research

Jika Anda tidak memiliki ide atau inspirasi untuk konten periklanan, pelajari pesaing Anda. Pesaing dapat diidentifikasi dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan dan melihat hasilnya di mesin pencari.

Menganalisis informasi tersebut sebagai acuan dan menerapkan teknik ATM (Amati-Imitasi-Ubah). Ambil beberapa contoh iklan yang bagus, kenali pembeda antara produk Anda dan pesaing Anda, dan berkreasilah untuk membedakan iklan Anda dari salinan pesaing lainnya.