Learning-by-doing adalah cara belajar trading bitcoin untuk pemula yang telah terbukti meningkatkan pengalaman investor bitcoin.

Selain pengalaman terlibat langsung dalam berinvestasi Bitcoin, Anda juga bisa belajar banyak tentang apa itu Bitcoin yang termasuk dalam jenis uang Crypto atau Cryptocurrency dengan cara-cara berikut ini!

Sebagai permulaan, Bitcoin adalah aset digital berbasis Blockchain pertama didunia yang menganut sistem desentralisasi. Ada satu hal yang tidak kalah penting yang perlu diketahui pemula tentang Bitcoin.

Bitcoin saat ini merupakan salah satu jenis sarana investasi yang memiliki kinerja terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Dilansir dari laman satechainmedia, Bitcoin menghasilkan orang kaya baru dalam 30 tahun terakhir. Jadi sangat penting Anda mengetahui apa itu Bitcoin.

Maka tak heran jika banyak sekali investor milenial membeli Bitcoin sebagai investasi terkini melalui berbagai bursa yang terdaftar di Bappebti.

Bagi Anda yang baru memulai investasi bitcoin pertama kali, setidaknya ada beberapa cara belajar trading bitcoin untuk pemula yang terbukti ampuh mengurangi risiko kerugian investor.

1. Pergerakan Harga Bitcoin

Untuk memudahkan Anda memantau pergerakan harga Bitcoin yang relatif fluktuatif, Anda memerlukan aplikasi atau software yang dapat membantu Anda dalam hal tersebut. Mengetahui pergerakan harga bitcoin saat ini dan sebelumnya dapat membantu Anda menentukan dinamika jual beli untuk mendapatkan hasil maksimal dari bitcoin Anda.

Salah satu waktu terbaik jika Anda ingin mengumpulkan Cryptocurrency paling berharga saat ini, yaitu Bitcoin, adalah setelah Halving Day. Harga Bitcoin diperkirakan akan meningkat secara signifikan dalam 12 bulan setelah Halving Day.

2. Penerapan Manajemen Risiko

Manajemen risiko bisa diibaratkan seperti pengereman saat berkendara dalam kondisi berbahaya. Hal ini berkaitan erat dengan psikologi investor pemula yang seringkali merasa egois untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya tanpa menyadari bahwa konsekuensi dari resiko selalu menyertai investor ketika melakukan jual beli Bitcoin.

Semakin lama Anda melakukan jual beli Bitcoin, semakin besar risiko kerugiannya. Oleh karena itu, menentukan tingkat risiko kerugian dan keuntungan yang bisa Anda raih tergantung dari profil risiko masing-masing investor.

3. Beli Sedikit Demi Sedikit

Sebagai permulaan, Anda harus menggunakan metode pembelian Dollar Cost Averaging (DCA) dan membeli aset bitcoin dengan harga tertentu dengan kelipatan 100% dari dana yang ingin Anda alokasikan.

Keuntungan dari metode pembelian ini adalah investor tidak perlu khawatir tentang kenaikan atau penurunan harga dan biaya investasi yang relatif rendah, karena tidak semua dana yang tersedia bagi mereka digunakan.

Berinvestasi dalam keamanan adalah salah satu alasan investor memasukkan uang mereka ke dalam investasi jenis ini. Ini juga berlaku jika Anda ingin berinvestasi dalam Bitcoin dan aset digital lainnya.