Genre musik, atau sering disebut "genre musik", adalah kelompok musik berdasarkan kesamaannya satu sama lain. Genre dapat didefinisikan dengan teknik musik, gaya, konteks, dan tema.

Pengelompokan secara aliran atau gaya

Secara umum musik dikelompokkan menurut penggunaannya, yang dapat dikategorikan menjadi dua bidang utama, yaitu musik populer, dan musik tradisional.

Musik Pop

Musik pop merupakan jenis musik yang saat ini banyak disukai oleh masyarakat awam. Jenis musik ini adalah musik yang canggih dan karenanya cocok untuk telinga kebanyakan orang.

Jenis musik ini dapat dijumpai hampir di seluruh belahan dunia karena sifat musik yang mudah diterima oleh semua orang.

Jika anda ingin mendownload musik dengan mudah dari youtube menjadi mp3 anda bisa kunjungi Mp3juice. Di sana anda dapat mendownload musik dengan berbagai macam genre secara gratis.

Jazz

Jazz adalah genre musik yang dihasilkan dari perpaduan musik blues, ragtime dan Eropa, khususnya musik grup. Beberapa subgenre jazz adalah dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, fusion jazz, smooth jazz, dan cafjazz.

Rock

Rock dalam arti luas mencakup semua musik populer sejak awal 1950. Bentuk pertamanya, rock and roll, merupakan penggabungan berbagai genre di akhir 1940-an, menampilkan musisi seperti Chuck Berry, Bill Haley, Buddy Holly, dan Elvis Presley. Itu kemudian didengar oleh orang-orang di seluruh dunia dan pada pertengahan 1960-an beberapa band Inggris, seperti The Beatles, mulai menirunya dan menjadi populer.

Hip hop / rap / rapcore

Musik hip hop dapat dianggap sebagai subgenre R&B. Dimulai pada awal 1970-an dan 1980-an, musik ini pertama kali muncul di Pantai Timur Amerika Serikat, East Coast Hip Hop.

Musik Tradisional

Musik tradisional adalah musik yang telah hidup dalam masyarakat secara turun-temurun dan dibudidayakan tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga digunakan untuk pengobatan dan sebagian telah menjadi sarana komunikasi dan kebersamaan.