Umroh merupakan serangkaian ibadah yang dilakukan di Mekkah. Secara bahasa, umroh memiliki arti berkunjung. Istilah ini kemudian disimpulkan bahwa umroh adalah berziarah ke Ka'bah dan melakukan beberapa amalan yang terdapat pada rukun umroh.

Beberapa waktu yang lalu umroh ditutup karena adanya pandemi Covid-19. Tetapi mulai bulan Desember tahun lalu ibadah umroh sudah mulai dibuka kembali. Umroh merupakan ibadah sunnah yang dilakukan secara langsung di kota suci Mekkah. Dan dalam melaksanakan ibadah umroh, umat muslim perlu untuk memperhatikan rukun-rukun yang wajib untuk dilakukan.

Pelaksanaan umroh dapat dilakukan kapan pun sepanjang tahun berbeda dengan haji yang dilaksanakan hanya pada bulan Syawal hingga terbit fajar pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah saja. Dan biaya umroh juga lebih murah dibanding dengan haji. Lebih lengkap tentang biaya umroh 2022 bisa Anda cari tahu melalui travel umroh dari PT Alhijaz Indowisata.

Untuk Anda yang ingin melaksanakan ibadah umroh pada tahun 2022 ini, PT Alhijaz Indowisata bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena merupakan travel umroh terbaik di Jakarta dengan biaya umroh yang cukup murah.

Nah, berikut ini adalah rukun umroh yang wajib dilakukan:

1. Niat/ Ihram

Dalam ibadah umroh, umat muslim wajib untuk mengenakan pakaian ihram dan melakukan niat dari Miqat (titik awal memulai umroh).

2. Tawaf

Tawaf atau mengelilingi Ka'bah dilakukan sebanyak 7 kali dimulai pada posisi Hajar Aswad lalu mengucapkan Allahu Akbar hingga berakhir di Hajar Aswad. Dianjurkan juga mengusap Hajar Aswad saat melewatinya. Jika tidak memungkinkan untuk mengusapnya, jamaah dapat melambaikan tangan ke arah Hajar Aswad.

3. Sa'i

Sa'i merupakan rangkaian tata cara umrah yang dilakukan dengan berjalan kaki antara bukit Shafa ke bukit Marwah sebanyak 7 putaran. Kegiatan ini dimulai dari bukit Shafa dan berakhir di bukit Marwah.

4. Tahallul

Tahallul adalah kegiatan mencukur rambut pada akhir prosesi kegiatan ibadah Umrah. Bagi laki-laki diperbolehkan mencukur sebagian ataupun seluruhnya. Sementara untuk perempuan cukup memotong rambutnya sebanyak satu ruas jari saja.

5. Tertib

Tertib artinya menjalankan serangkaian ibadah umrah secara berurutan.

Itulah tadi rukun umroh yang wajib dilakukan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah umroh!