Membangun rumah tidak semudah yang dibayangkan. Anda perlu mempersiapkannya dengan matang, mulai dari desain hingga pemilihan bahannya.

Tips sebelum membangun rumah ini tentunya berguna agar tidak menghabiskan uang terlalu banyak. Juga agar anda tidak kecewa dengan hasil bangunan yang sudah jadi.

Berikut beberapa tips yang sudah dikemas sebelumnya untuk diikuti sebagaimana kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Buat rencana

Saran sebelum membangun rumah pertama adalah merencanakan pembangunannya sendiri. Perencanaan ini mencakup masalah seperti masalah keuangan yang terkait dengan dana pembangunan. Kemudian tujuan dari segi waktu konstruksi dan ukuran bangunan adalah salah satu yang perlu direncanakan.

2. Gunakan jasa arsitek

Selama ini prestasi para arsitek dalam pembangunan gedung-gedung hunian, terutama di daerah-daerah di luar kota-kota besar, masih sering dianggap remeh. Dengan menyewa jasa arsitek ini, sebenarnya Anda bisa meminimalisir kesalahan pembangunan rumah.

3. Gunakan bahan bangunan yang mudah dirawat

Untuk mendukung bangunan dengan konstruksi sederhana, sebaiknya juga menggunakan bahan bangunan yang perawatannya rendah.

Anda bisa memilih dan melihat bahan bangunan melalui situs RW Home yang memang membahas tentang tips trik  bangun rumah terbaru dan terupdate.

Dan tidak hanya tentang bahan bangunan, di blog tersebut anda juga bisa melihat bergam desain eksterior maupun interior seperti halnya warna cat atap plafon, warna untuk pintu-pintu dan lainnya.

4. Riset harga bahan bangunan

Tip sebelum membangun rumah Anda selanjutnya adalah meneliti harga bahan bangunan yang digunakan. Hal ini agar Anda bisa mendapatkan harga bahan bangunan dengan harga yang paling terjangkau. Setiap toko perangkat keras memiliki harga yang berbeda.

Misalnya adalah jika anda ingin menggunakan atap baja ringan, anda bisa melakukan cek dahulu harga dan ukuran baja ringan agar bisa menyediakan dana yang tepat ketika akan membelinya.

5. Bangun rumah secara bertahap

Ini adalah cara yang bisa Anda gunakan saat dana masih sangat terbatas. Sebaiknya membangun rumah secara bertahap. Karena kualitas bangunan sebenarnya akan lebih baik daripada membangun rumah murah tapi harus segera menyelesaikannya.

Nah, itulah beberapa tips membangun rumah sendiri yang tentunya bisa Anda ikuti untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu.