Lantai marmer berkualitas tinggi tetap menjadi pilihan yang disukai kebanyakan orang karena lantai marmer terlihat lebih mewah, bergengsi dan tahan lama. Meskipun sekarang tersedia berbagai macam marmer imitasi buatan pabrik, marmer batu alam masih mendapatkan popularitas karena memberikan prestis serta keunikannya sendiri.

Dilansir dari Sentralkerajinanmarmer.com, berikut beberapa tips memilih marmer:

1. Marmer adalah batu alam yang terbentuk secara alami dari berbagai endapan mineral selama beberapa dekade bahkan ratusan tahun, sehingga memberikan tekstur yang khas. Semakin tinggi kualitasnya, semakin halus teksturnya.

Cobalah untuk membeli marmer dengan tekstur alami, bukan buatan tangan. Karena setiap marmer memiliki tekstur yang berbeda-beda. Jangan terkecoh dengan marmer buatan pabrik yang biasanya kasar dan mudah retak dan pecah.

2. Marmer impor memiliki pori-pori yang lebih rapat dibandingkan marmer lokal. Cara termudah untuk mengetahui pori-pori marmer rapat atau tidak, cukup dengan memercikkan air pada marmer.

Jika meninggalkan noda basah meski dilap dengan kain kering, berarti pori-pori marmernya besar.

3. Marmer dengan unsur mineral yang seimbang (kapur, zat besi, mineral lainnya) membuat marmer lebih kuat, lebih keras dan tidak mudah pecah, sehingga keseimbangan kandungan mineral ini juga menjadi salah satu penanda kualitas marmer.

Semakin seimbang kandungan mineralnya maka semakin tinggi juga kualitasnya dan semakin mahal harganya. Produsen yang sudah memiliki merek tertentu biasanya berani melakukan uji teknis pada produknya.

4. Marmer membutuhkan perawatan khusus agar tetap mengkilap tanpa merusak warna aslinya. Kami menyarankan Anda untuk membersihkan marmer dengan cairan pembersih yang bersifat netral agar tidak merusak permukaan lantai dan keaslian warnanya.

5. Jangan menggunakan marmer untuk bagian rumah yang sering terkena hujan dan panas. Karena garam dan senyawa lain dalam air hujan dapat memudarkan warna marmer, gunakan obat pel marmer untuk mempertahankan warnanya.

Itulah beberapa tips dalam memilih dan merawat marmer. Penting bagi Anda memilih marmer kualitas tertinggi. Salah satu supplier marmer terpercaya seperti Sentralkerajinanmarmer.com yang menawarkan Lantai Marmer, Kijing Makam Granit, Wastafel Fosil Petrified Wood dan lain-lain mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Anda juga bisa cek harga marmer Tulungagung langsung di website tersebut.