Bagi yang ingin membuat video sebagai karya tapi malu untuk menunjukkan diri, membuat video animasi bisa menjadi solusi terbaik. Jika Anda berniat melakukan hal ini, meski terkesan sulit, tak ada salahnya mencoba terlebih dahulu.

Membuat video animasi juga tidak sulit. Apalagi sekarang ini Anda bisa menemukan berbagai website atau video tutorial cara membuat video animasi. Berbagai aplikasi untuk membuat video animasi juga banyak digunakan saat ini.

Meskipun demikian, terkadang tidak mudah bagi kita untuk mengikuti video tutorial. Sebagai solusi yang lebih baik, Anda juga dapat mengikuti kursus animasi online di Astadigital.net untuk mempelajari cara membuat video animasi dengan After Effects meskipun Anda seorang pemula.

Cara membuat video animasi untuk pemula:

Penulisan Naskah

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah membuat skrip (script) terlebih dahulu. Naskah yang dibuat akan lebih mudah jika memuat beberapa hal seperti tujuan utama dari video tersebut, untuk siapa video tersebut dibuat, pesan yang ingin disampaikan dan lainnya.

Pastikan untuk membuat video yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dan tidak terlalu rumit yang akan mudah membuat bosan penonton. Yang terpenting adalah penonton dapat memahami makna dari video animasi tersebut.

Pembuatan Storyboard

Cara kedua untuk membuat video animasi adalah dengan membuat storyboard. Setelah skrip siap, Anda dapat melanjutkan ke pembuatan storyboard. Storyboard ini untuk preview ide cerita dari script yang kita buat. Bisa dibilang ini adalah preview kasar dari keseluruhan video yang disusun secara berurutan sesuai plot.

Tentukan jenis video animasi

Cara membuat video animasi selanjutnya adalah dengan menentukan jenis video yang ingin digunakan. Jenis video animasi yang umum digunakan adalah animasi 2D, 3D, motion graphics, stop motion, whiteboard animation, typographic animation, infographic animation.

Membuat Voice Over

Setelah skrip selesai dan Anda sudah tahu jenis animasi apa yang ingin Anda buat, langkah selanjutnya adalah membuat voice over. Lakukan voice over sesuai dengan skrip yang dibuat. Anda harus memastikan bahwa skrip menyertakan durasi agar yang mengisi voice over tidak bingung dan hasilnya memuaskan. Video animasi yang dihasilkan diadaptasi dalam voice-over.

Buat video animasi

Saat skrip dan sulih suara sudah siap, Anda dapat mulai membuat video animasi. Anda memerlukan PC, perangkat lunak, atau situs web untuk membuat animasi dan koneksi internet.

Anda dapat mengandalkan kemampuan Anda sendiri. Namun, jika Anda tidak yakin untuk menghasilkan video yang bagus, Anda dapat beralih ke video freelancer atau startup yang fokus membuat video animasi.

Tambahkan musik latar

Sebuah video pasti akan hilang tanpa efek musik latar, bukan? Musik latar ini menghidupkan dan mendukung suasana yang coba diciptakan oleh karakter animasi.