Tumbuhan liar sering dianggap gulma karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman lain. Namun, beberapa dari mereka telah memilih kualitas yang baik.

Selain itu tumbuhan ini biasanya tumbuh di kebun atau sekitar rumah yang tidak diinginkan keberadaannya. Oleh karena itu, tanaman ini sering dicabut dan dibuang karena dianggap sebagai gulma yang dapat mengganggu dan merusak tanaman lain.

Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada sejumlah tumbuhan liar yang memiliki khasiat dan manfaat?Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahuinya, sehingga mereka membuangnya.

Yuk kenali di bawah ini tumbuhan liar apa saja yang berguna yang biasanya ada di sekitar rumah:

Putri Malu

Salah satu jenis gulma dengan nama latin mimosa pudica terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Tumbuh liar dan mudah ditemukan, namun masih banyak orang yang mengabaikannya karena tidak mengetahui khasiat yang dikandungnya.

Tumbuhan ini akan mengatup daunnya saat disentuh dan meiliki manfaat untuk kesehatan seperti batuk, pilek, insomnia, dll. Yang sering dimanfaatkan adalah air rebusannya. Manfaat air rebusan daun putri malu lebih lengkapnya bisa Anda temukan di Trendsterkini.com.

Selain itu banyak informasi lain yang bisa Anda temukan seperti jenis buah yang bisa menurunkan kolesterol, cara menyembuhkan batuk, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Anting-anting

Anting, atau nama latinnya Acalypha australis linn, merupakan tumbuhan yang biasa ditemukan di tanah lembab, pinggir jalan, atau parit.

Bunganya berbentuk seperti untaian mutiara hijau, dan bentuk tanamannya menyerupai perdu. Anting dapat digunakan sebagai obat herbal karena memiliki sifat antioksidan dan efektif dalam mengobati pendarahan pada luka.

Selain itu, dapat menghentikan mimisan, mempercepat penyembuhan luka, mengalirkan air seni (diuretik), mengobati gatal-gatal dan mengatasi peradangan. Anting juga dapat meredakan diare dan batuk darah.

Patikan Kebo

Daun Patikan Kebo atau Euphorbia merupakan tanaman obat yang hampir seluruh bagiannya dimanfaatkan. Ramuan daun patikan kebo ini biasa digunakan untuk mengobati kondisi pernapasan seperti asma, bronkitis, dan sesak dada.

Namun, perawatan harus dilakukan saat menyentuh tanaman ini. Karena saat memetik batang daunnya akan keluar getah yang berwarna putih susu. Yang jika secara langsung menyentuhnya akan beracun bagi kulit manusia.

Suruhan

Daun tumpang air atau suruhan (Peperomia pellucida) merupakan tanaman yang memiliki sifat antibiotik, analgesik, antiinflamasi dan diuretik.

Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan pegal linu, nyeri dan sakit kepala. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mencegah kanker, penyakit ginjal, katarak, dan infeksi mata.

Tempuyung

Tanaman dengan nama latin Sonchus arvensis ini dikenal juga dengan nama tempuyung, lobak ari, tanah liat jombang, galibuk, dan rayana.

Terlihat seperti tapak liman tetapi dapat tumbuh tinggi dan menghasilkan bunga kuning. Tempuyung bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit termasuk demam, bengkak, sulit buang air kecil, peredaran darah yang buruk dan keracunan.

Biasanya tempuyung direbus untuk dijadikan jamu. Selain itu, tanaman ini juga bisa dimakan sebagai lalapan.

Itu tadi adalah berbagai jenis tanaman liar yang banyak manfaatnya bagi kesehatan. Semoga bisa menambah wawasan, ya!