Bagi sebagian orang yang suka berenang, memiliki kolam renang di rumah merupakan hal yang sangat praktis. Kolam renang tidak hanya sebagai fasilitas untuk berenang, tetapi juga merupakan fasilitas rekreasi yang memperkaya estetika rumah Anda dan menyegarkan rumah Anda.

Berikut adalah 5 tips untuk membangun kolam renang di rumah Anda yang akan membantu Anda membangun kolam renang Anda sendiri.

1. Pilih desain kolam sederhana

Tentu saja, jika Anda ingin membangun kolam sendiri, kami melakukannya tanpa desain kolam yang rumit. Usahakan desainnya sesederhana mungkin, bentuk persegi panjang lebih baik daripada bentuk lengkung.

2. Ukuran kolam

Saat membangun kolam Anda sendiri, pastikan ukurannya tepat. Ukuran kolam minimal lebarnya 2,5 meter, agar kita selalu bisa bergerak dan berbelok dengan nyaman di dalam kolam. Panjang kolam minimal 4 meter agar kita selalu bisa menyelam dengan baik. Sebaiknya gunakan kelipatan ukuran keramik kolam renang

3. Inlet dan Outlet

Kolam renang kemungkinan akan memiliki pipa saluran masuk dan saluran keluar yang terlihat dari luar, yang akan merusak tampilan, tetapi dapat dikombinasikan dengan tanaman secara cerdik.

Agar lebih aman, anda bisa melihat penjelasan tentang sistem instalasi pipa kolam renang yang dibahas oleh situs kolamrenangplus.com.

Beberapa peralatan kolam relatif murah, tetapi ingat bahwa memeriksa air kolam adalah bagian tersulit, jadi sebaiknya hindari terlalu banyak peralatan yang dapat merusak segel dasar kolam.

4. Penentuan kedalaman kolam

Kolam renang membutuhkan kedalaman tertentu untuk stabilitas renang. Kolam bisa dangkal atau sedalam yang Anda suka, tapi saya sarankan 6 kaki atau kurang karena kedalaman yang lebih besar membutuhkan banyak tulangan pondasi.

Jika Anda khawatir tentang keselamatan menyelam, kedalaman 1,5m adalah kedalaman yang nyaman, mudah dibersihkan, dan tingkat penguatan struktur pondasi tetap sederhana.

5. Saluran pembuangan kolam renang

Drainase merupakan hal yang sering diabaikan oleh pemilik kolam. Drainase sirkulasi paling cocok untuk kolam renang. Kita juga bisa membuat saluran seperti parit kecil untuk menampung air yang tumpah agar tidak merendam tanah. Pastikan untuk mengelilingi kolam Anda dengan drainase yang baik.

Jika kolam lebih rendah dari titik terendah di rumah Anda, itu bisa dikeringkan dengan pompa. Namun, ini menghabiskan banyak listrik saat mengosongkan tangki.

Diatas adalah tips sederhana jika Anda ingin membangun kolam renang sendiri di rumah. Jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar jika ada yang masih kurang jelas bagi Anda.