Saat ini keberadaan smartphone menjadi salah satu kebutuhan yang digunakan masyarakat untuk mempermudah kehidupannya.

Tidak hanya untuk menelepon dan mengirim pesan, smartphone juga dapat digunakan sebagai peta, kamera yang mudah dibawa, mencari informasi dengan cepat melalui browser, dll.

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, tidak heran jika permintaan smartphone di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini terbukti ketika keluar produk baru yang terjual habis dan produk tersebut langsung terjual habis dalam acara flash sale dalam hitungan detik.

Jangan terburu-buru dan tergesa-gesa saat membeli smartphone baru. Dalam wawancara ini, kami menjelaskan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat membeli smartphone baru.

Tips memilih HP baru

1. Fitur apa yang Anda butuhkan?

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli smartphone baru, pikirkan tentang apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Apakah Anda memerlukan masa pakai baterai, kualitas kamera, atau fitur lainnya.

Hal di atas sangat penting bagi Anda karena banyak orang membeli smartphone hanya untuk gengsi. Padahal, mereka tidak terlalu membutuhkan fitur yang dikandungnya.

2. Apakah Anda benar-benar membutuhkan telepon?

Jika Anda hanya menggunakan ponsel cerdas untuk panggilan suara dan SMS, Anda sebenarnya tidak membutuhkan ponsel cerdas.

Sebaiknya Anda menentukan pilihan dan membeli ponsel dengan fitur basic yang tersedia mulai dari Rp 500.000 untuk 1 unit.

3. Ketahui kapan harus membeli

Jangan membeli smartphone saat produknya baru dirilis karena Anda akan membayar harga yang sangat mahal untuk mendapatkannya. Tahan godaan untuk membeli produk di awal rilis.

Sebaliknya, tunggu beberapa bulan sejak smartphone dirilis. Biasanya harga smartphone ini akan turun dan menjadi lebih murah.

Dan jika anda ingin mengetahui harga terbaru smartphone, bisa Anda cari tahu di Mahirtransaksi.com agar tidak salah harga ketika membelinya. Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu tentang konter terdekat dari lokasi saya, cara convert pulsa dan juga masih banyak lagi informasi menarik lainnya.

Sedangkan, untuk waktu ideal yang kami sarankan adalah menunggu sekitar 6 bulan sejak peluncuran dan penjualan smartphone tersebut.

4. Smartphone dengan tahun produksi yang lama bukan berarti performanya tidak maksimal

Banyak orang membeli smartphone baru untuk mendapatkan kinerja dan pengalaman pengguna yang baik. Padahal smartphone beberapa tahun belakangan ini terbukti masih memiliki performa yang mendukung penggunaan sehari-hari.

Tidak ada salahnya membeli smartphone yang dirilis 1-2 tahun lalu. Selama ini, masih banyak produsen smartphone yang meluncurkan dan menjual produknya.