Perkembangan teknologi memungkinkan manusia untuk saling bertukar informasi dengan mudah dan cepat melalui internet. Email menjadi salah satu teknologi pertama yang memungkinkan orang berkomunikasi melalui Internet dalam bentuk teks/tulisan.

Berbagai layanan email tersedia hingga saat ini untuk memudahkan pengiriman pesan, seperti Gmail, Yahoo, Outlook, iCloud, dll. Akan tetapi Gmail yang paling sering digunakan.

Karena, Gmail tidak hanya berfungsi sebagai cara berkirim pesan, tetapi juga terintegrasi dengan berbagai produk Google lainnya. Faktor keamanan juga menjadi alasan keunggulan gmail saat menggunakan smartphone.

Cara mendaftar Gmail juga sangat mudah, karena sudah banyak cara mendaftar yang ada di Internet. Salah satunya bisa Anda temukan di Empat Pilar  secara lengkap bahkan step by stepnya juga ada.

Berikut beberapa fungsi dan manfaat menggunakan Gmail:

1. Kirim dan terima pesan

Fungsi dasar Gmail adalah layanan untuk mengirim dan menerima pesan. Pengguna dapat menggunakan Gmail untuk mengirim pesan ke teman, keluarga, rekan bisnis, untuk tujuan pemasaran, dan lainnya. Pengguna juga dapat menambahkan lampiran berupa dokumen, gambar, foto, audio, video, dll. Dengan maksimum 15 MB per file. Sedangkan untuk penyimpanan Gmail secara keseluruhan sebesar 15 GB (sesuai dengan batas penyimpanan gratis Google Drive).

2. Sebagai identitas diri

Sebagian besar layanan yang dapat diakses melalui Internet memerlukan data pribadi. Contoh sederhananya adalah ketika ingin mendaftar di Facebook, pengguna harus memiliki email seperti Gmail untuk bisa melakukannya. Email tersebut berfungsi sebagai identitas pengguna untuk verifikasi dan jaminan keamanan pada akun Facebook.

3. Dapat digunakan sebagai media pemasaran

Bisnis online masih menggunakan email sebagai sarana pemasaran. Istilah lain bisa disebut Email Marketing. Meski cara ini sudah tidak sepopuler lagi, email marketing masih sangat efektif. Banyak profesional, pebisnis, CEO, pelajar, guru, dan aktivis internet marketing menggunakan Gmail untuk berkomunikasi. Alasan menggunakan Gmail (atau layanan email lainnya) adalah karena terlihat lebih profesional dan pribadi daripada menggunakan alat komunikasi lainnya.

4. Digunakan untuk mendaftar berbagai situs

Gmail juga dapat digunakan untuk mendaftar website/media sosial. Pengguna dapat menggunakan Gmail untuk mendaftar ke berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dll. Tak hanya media sosial, layanan pembayaran digital biasanya juga membutuhkan email untuk registrasi dan verifikasi. Beberapa situs biasanya juga menggunakan Google Account API untuk memudahkan pendaftaran/login pengguna.

5. Akses berbagai produk Google

Dengan satu akun Gmail, pengguna dapat mengakses berbagai produk Google. Produk Google tersebut antara lain YouTube, G Suite (Google Docs, Google Sheets, Google Slides, dll.), Google Drive, Google Maps, Google Play Store, Blogger, Google Adsense, Google Analysis, dan masih banyak lagi. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, semua akses yang dilakukan oleh pengguna tersimpan di database Google.

Alamat email diperlukan untuk pendaftaran untuk hampir semua layanan di Internet. Inilah mengapa memiliki akun Gmail menjadi prioritas utama bagi para pengguna internet.