Tidak dapat disangkal bahwa banyak perusahaan, terutama perusahaan yang relatif kecil, yang tidak terlalu memikirkan atau peduli dengan merek dan tidak mendaftarkan mereknya. Padahal, pendaftaran merek sangat penting bagi seseorang yang memproduksi produk atau penyedia jasa.

Salah satu keuntungan memiliki merek dagang bagi pebisnis adalah Anda mendapatkan hak merek dagang. Hak merek dagang ini melindungi terhadap penyalahgunaan merek dagang oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Selain hal di atas, beberapa manfaat merek dagang yang menjadi alasan Anda perlu mengurus dan mendaftarkannya adalah sebagai berikut:

Perlindungan Hukum

Hak merek memberikan perlindungan hukum bagi pemiliknya. Dalam hal ini, sebagai pemilik merek tertentu, Anda dapat mengambil tindakan hukum jika pihak lain menggunakan merek yang sama untuk menjalankan bisnisnya.

Identifikasi Bisnis

Merek dagang digunakan untuk mengidentifikasi layanan, produk, atau bisnis lain secara umum. Selain itu, merek adalah pengidentifikasi yang memudahkan calon pelanggan menemukan Anda, menghasilkan konversi penjualan yang lebih tinggi dan lebih banyak keuntungan.

Lebih Terpercaya

Suatu merek akan menjadi salah satu alasan ketertarikan konsumen sasaran. Kehadiran brand yang menarik tentunya akan menimbulkan kesan berbeda bagi konsumen, yang patut dipertimbangkan saat memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan dibandingkan dengan penawaran serupa dari pihak lain.

Membangun Eksistensi

Merek adalah pembeda bisnis yang Anda lakukan dengan kompetitor. Tentunya hal ini sangat penting, karena nantinya brand Anda sendiri akan membangun eksistensi dan keunikan komersialnya sendiri serta melindungi Anda dari berbagai efek yang cenderung merugikan.

Dari poin-poin di atas, terlihat bahwa brand merupakan bagian yang tak terpisahkan dari bisnis yang Anda jalankan. Selain pentingnya merek, terutama untuk legalitas usaha dan juga untuk pembedaan dengan perusahaan lain, tentunya lebih diutamakan untuk mengajukan permohonan paten atas merek tersebut.

Juga untuk mendapatkan kesan merek yang tepat, definisi merek tidak boleh diabaikan. Luangkan waktu untuk memikirkan nama merek yang paling tepat untuk produk atau layanan yang Anda tawarkan. Pastikan brand yang Anda pilih dapat mencerminkan citra perusahaan yang Anda jalankan.

Atau, untuk menentukan merek yang tepat serta langsung mendaftarkannya, anda bisa berkonsultasi gratis ke jasapendaftaranmerek.com yang menyediakan jasa pendaftaran merek UMKM dengan proses mudah, pengerjaan cepat serta harga yang terjangkau.

Nah, sebelum tertinggal oleh kompetitor yang sudah mendaftarkan merek dagangnya, segera daftarkan merek dagang Anda karena memiliki keuntungan seperti yang kami jelaskan diatas.