Perkembangan televisi juga selalu ditingkatkan setiap saat. Juga, model televisi analog baru-baru ini seperti televisi tabung yang menggunakan sinyal analog yang kini telah dihentikan.

Walaupun televisi analog telah dihentikan Anda juga tetap bisa melihat siaran digital. Namun, Anda harus memasang set-top box  untuk menangkap siaran digital tersebut. Jika Tidak Anda juga bisa membeli TV yang sudah digital, sedangkan untuk tipe TV yang sudah digital bisa Anda temukan di Bengkel TV yang lengkap dengan daftar harganya.

Nah sekarang, mari kita kenali setiap jenis TV digital saat ini:

1. TV LED

TV LED sebenarnya adalah TV LCD dengan lampu latar dengan dioda pemancar cahaya (LED). Namun, bukan lampu fluoresen katoda dingin standar. TV ini menggunakan lampu latar LED karena membuat bodi perangkat lebih tipis dan lebih efisien.

2. TV Quantum Light Emitting Diode (QLED).

QLED TV adalah salah satu jenis TV yang paling populer di pasaran saat ini. Layar Quantum Light-Emitting Diode (QLED) merupakan generasi berikutnya dari layar LCD. Partikel nano kecil yang disebut titik penyempurnaan yang dipancarkan pada layar LCD, meningkatkan warna dan kecerahan secara dramatis.

Dibandingkan dengan LCD dan OLED, QLED dikenal memiliki rasio kontras yang unggul dan umur panjang yang lebih baik. Namun, layarnya cukup besar berkat penggunaan teknologi QLED. TV QLED lebih terjangkau daripada TV OLED, yang harganya bervariasi antara LCD dan OLED.

3. Organic Light Emitting Diode atau TV OLED

Jenis TV ini merupakan versi kompetif dari TV LCD yang beredar di pasaran pada tahun 2012. Layar Organic Light Emitting Diode (OLED) mengagungkan senyawa organik yang memancarkan cahaya sebagai respon terhadap listrik.

Selain itu TV ini juga bisa lebih tipis dan lebih ringan dari LCD karena lapisan filter tidak diperlukan. TV OLED juga menghasilkan lebih sedikit panas dan membutuhkan energi sekitar 40% lebih sedikit daripada LED atau LCD.

4. Smart TV

Saat Anda memutuskan untuk membeli smart TV, Anda tidak perlu lagi membeli set-top box sebagai media untuk menangkap siaran TV digital. Smart TV dapat digunakan sebagai TV internet yang juga mampu mengadirkan program tambahan dengan dukungan konektivitas internet.

5. TV android

Android TV juga dapat memberikan fitur seperti Smart TV dengan dukungan konektivitas internet seperti Wi-Fi. Android TV memiliki sistem operasi Android, seperti pada smartphone, dan mendukung prosesor tertentu. Sehingga pengguna TV Android dapat dengan mudah terhubung ke Google Play Store.

Televisi digital akan memberikan manfaat bagi khalayak berupa siaran gambar berkualitas tinggi dengan definisi tinggi dan suara yang lebih jernih. Tak hanya itu, jangkauan saluran TV yang bisa dinikmati juga lebih banyak dan dapat dinikmati secara gratis.