Tentunya sebagai pemilik website, Anda harus selalu mengecek kecepatan website (hosting) secara berkala untuk mengetahui apakah website Anda cukup cepat atau tidak. Bagaimana jika situs web Anda terlalu lama dimuat?

Pengguna Internet tidak sabar untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, baik itu informasi maupun membeli produk. Menurut sebuah studi Google, 53 Persen pengguna internet Indonesia meninggalkan situs web yang memuat lebih dari 3 detik.

Untuk Menentukan ranking berdasarkan hasil pencarian, Google menggunakan berbagai faktor. Salah satu faktor terpenting adalah kecepatan memuat situs web Anda.

Sedangkan untuk mengecek kecepatan website ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Anda dapat memilih satu atau beberapa alat berikut untuk memeriksa kecepatan situs web:

1.Pingdom

Pingdom adalah salah satu alat pemantauan situs web paling populer saat ini. Salah satu fitur gratisnya adalah pemeriksaan kecepatan situs web.

Pingdom menilai kecepatan situs dengan skala dari 0 sampai 100. Semakin tinggi nilai yang didapatkan menunjukkan bahwa kualitas kecepatan situs Anda bagus.

2. Google PageSpeed Insight

Sejak 2010, Google secara resmi memasukkan kecepatan situs web sebagai salah satu indikator peringkat SEO. Pada tahun yang sama, Google juga merilis Google PageSpeed ​​​​​​​​Insights untuk melihat kecepatan situs web untuk desktop dan perangkat seluler yang mudah digunakan.

Google menilai kecepatan pemuatan situs web Anda menggunakan skala tetap. Untuk mempelajari lebih jauh tentang PageSpeed Anda bisa membacanya di TeknadocNetwork. Google PageSpeed ​​Insights juga akan memberikan saran untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna di perangkat seluler.

3. Google Mobile Website Speed Testing Tool

Menurut Google, pengunjung dengan cepat meninggalkan situs web yang tidak ramah seluler. Berdasarkan hal tersebut, Google merilis Alat Pengecekan Kecepatan Situs Webseluler Google. Alat ini berbasis teknologi Wawasan Google PageSpeed, tetapi lebih fokus pada evaluasi situs web di perangkat seluler.

4. Geek Flare

Site Relic adalah alat kecepatan situs web gratis yang benar-benar baru. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda memeriksa kecepatan situs web di perangkat seluler dan desktop. Dalam laporannya, Geek Flare hanya memberikan informasi berapa detik konten website Anda dimuat dan pada detik berapa halaman website Anda dimuat penuh.

5. GTMetrix

GTMetrix juga merupakan alat kecepatan situs web gratis yang patut Anda gunakan. Mudah dan gratis untuk digunakan dan cocok untuk pemula. Alat ini memberikan analisis kecepatan situs web yang komprehensif berdasarkan rekomendasi Google PageSpeed ​​Insight dan YSlow.