Seperti yang kita tahu, Keraton Kasunanan Surakarta juga akrab dengan sebutan Keraton Solo. Terletak di Surakarta, Istana ini dibangun pada tahun 1745 oleh Pakubuwono II—raja pertama Kasunanan Surakarta. Lantas apa saja yang bisa kita temukan di sana?

Bangunan Utama

Pertama, bangunan utama Keraton Solo terdiri dari beberapa bangunan yang terletak simetris. Bagian-bagian dari bangunan ini mencakup pringgitan (ruang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan musik dan tari), kamar tidur raja dan ratu, kamar kerja, dan ruang makan.

Museum 

Kedua, di dalamnya terdapat museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah dari Keraton Kasunanan Surakarta. Beberapa koleksi yang ada di museum tersebut antara lain senjata, pakaian adat, perhiasan, dan benda-benda kerajinan tangan.

Taman

Ketiga, di sekitar sini ada taman luas dan hijau yang dikenal dengan nama Taman Sriwedari. Taman ini termasuk tempat rekreasi populer loh! Di taman ini pula terdapat panggung pertunjukan untuk acara musik dan tari tradisional.

Wayang Kulit 

Keraton Solo juga terkenal sebagai pusat kebudayaan tradisional, terutama seni pertunjukan wayang kulit. Disini ada sanggar yang berfungsi menyimpan koleksi wayang kulit. Seperti wayang kulit pada masa pemerintahan Pakubuwono II. Di tempat ini, pengunjung dapat menonton pertunjukan wayang kulit yang diadakan secara teratur.

Pagelaran

Kemudian, Keraton Solo juga sering menjadi lokasi pagelaran raja dan kerabat keraton. Pagelaran merupakan pertunjukan yang menampilkan tarian dan musik tradisional Jawa.

Serta kisah-kisah epik seperti Ramayana dan Mahabharata. Pengunjung dapat menikmati pagelaran ini pada saat acara-acara penting seperti perayaan Hari Raya Idul Fitri atau ulang tahun Keraton Solo.

Nah, bila Anda tertarik ke Solo karena ingin melihat pertunjukan dari pagelaran ini. Anda bisa mempercayai jasa rental mobil Solo dari Globaltransport.co.id untuk mengantar Anda ke sana. Selain berfasilitas lengkap, harga sewanya juga terjangkau loh!

Tempat Upacara Adat

Terakhir, Keraton Solo juga menjadi tempat pelaksanaan upacara adat. Seperti Grebeg Syawal dan Grebeg Maulud. Biasanya akan ada ribuan orang yang menghadiri upacara ini dan menjadi bagian penting dari budaya dan tradisi Jawa.

Nah, itulah tadi pembahasan singkat mengenai beberapa hal yang ada di Keraton Kasunanan Surakarta. Semoga informasi ini dapat membantu ya!