Kapal peti kemas digunakan untuk kegiatan pengiriman, ekspor-impor dan segala sesuatu yang berhubungan dengan logistik. Jika Anda membutuhkan container untuk keperluan komersial, ada baiknya mengetahui jenis container yang dibutuhkan.

Ada berbagai jenis kontainer yang digunakan dalam bisnis transportasi. Dalam artikel ini, kami akan menginformasikan kepada Anda tentang berbagai jenis container yang biasa digunakan dalam bisnis yaitu:

1 . Dry Storage

Jenis kontainer pertama yang paling umum digunakan dalam bisnis adalah penyimpanan kering. Hampir semua jenis kargo dapat disimpan dalam container ini, terutama kargo kering.

Kontainer ini terdiri dari pintu akses dan tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 10 kaki, 20 kaki hingga 40 kaki. Anda dapat menggunakan kontainer ini untuk transportasi laut, darat atau udara.

2 . Open Top Container

Open top container adalah container dengan atap konvertibel atau dapat dibuka. Container ini sangat cocok digunakan pada saat pengiriman barang yang melebihi tinggi container itu sendiri.

3 . Tunnel Container

Sepintas kontainer ini terlihat seperti wadah kering. Satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah bahwa tunnel kontainer memiliki 2 pintu akses sedangkan kontainer kering hanya memiliki satu pintu akses.

4 . Open Side Container

Kontainer jenis ini biasanya memiliki pintu di bagian belakang. Namun, wadah sisi terbuka memiliki pintu bukaan samping. Akses pintu yang lebih lebar membuat pemuatan kargo lebih mudah dan cepat.

5 . Flat Rack Container

Bagi Anda yang mengirimkan alat berat, mesin dan bahan bangunan, container flat rack bisa menjadi pilihan container yang tepat. Wadah ini memiliki dinding samping yang dapat dilipat sehingga bentuknya menyerupai rak datar yang panjang.

6 . Half Container

Berbeda dengan container pada umumnya, ukuran semi container adalah setengah dari tinggi container biasa. Kontainer ini dapat digunakan untuk mengangkut barang-barang yang berat dan padat seperti bahan bangunan, pasir, batu, semen dan lain-lain.

7 . Refrigerated ISO Container (Reefer Container)

Jenis kontainer terakhir yang biasa digunakan dalam operasi makanan atau medis adalah kontainer reefer. Kontainer ini dilengkapi dengan alat pendingin yang dirancang untuk menjaga kualitas kargo yang dimuat di dalamnya.

Anda juga dapat menggunakan kontainer ini untuk mengirim barang ke tujuan yang jauh dalam kondisi baik.

Jadi jika Anda memiliki perusahaan misal di Jakarta yang bergerak di bidang distribusi makanan atau produk kimia, silakan gunakan kontainer berpendingin ini.

Apalagi sekarang sudah ada perusahaan yang bisa sewa container Jakarta seperti Permata Container yang sudah dipercaya ratusan klien dan menangani ratusan proyek.

Selain menyewakan container, permacont.com juga melayani modifikasi container bekas serta jual container Jakarta untuk anda yang membutuhkan kontainer di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Nah itulah tadi informasi mengenai 7 jenis container dan fungsinya yang harus anda ketahui. Kontainer bisa membantu mengembangkan bisnis di berbagai tempat.