Instagram menawarkan berbagai fitur yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda. Salah satu kelebihannya adalah pemasangan iklan atau promosi untuk mengoptimalkan pemasaran digital perusahaan Anda. Untuk melihat iklan tersebut, Anda harus mengatur akun Instagram Anda sebagai Instagram bisnis (IG bisnis).

Fitur Instagram khusus bisnis ini lebih luas daripada pribadi atau pribadi. Instagram for Business mempermudah pengelolaan iklan, seperti untuk menentukan target demografis dan budget yang telah Anda tentukan dan untuk menganalisa apakah iklan tersebut tepat sasaran atau tidak.

Kiat Pengoptimalan Instagram Bisnis

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan akun Instagram bisnis Anda. Hal ini dilakukan agar penjualan Anda juga meningkat secara signifikan. Berikut cara kerjanya.

1. Tentukan tujuan periklanan

Sebelum Anda memasang iklan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui target pelanggan Anda. Berapa rentang usia, jenis kelamin, lokasi atau wilayah yang diinginkan di Indonesia di mana setiap pelanggan berbasis, dll.

IG Business sudah menyediakan fungsi ini, jadi Anda harus menggunakannya dengan tepat.

2. Buat deskripsi profil perusahaan yang menarik

Deskripsi profil Anda menunjukkan industri tempat Anda bekerja dan posisi apa yang ingin Anda tunjukkan kepada pelanggan Anda. Anda hanya dapat menulis 150 karakter di profil ini, jadi Anda harus menulisnya dengan kata-kata yang tepat.

Namun jika anda ingin menjelaskan deskripsi perusahaan secara lebih, anda bisa menggunakan tool Bio link gratis dari Idmax.me yang bisa anda cantumkan di deskripsi IG. Sehingga calon customer akan bisa lebih tahu dan menjadi tertarik dengan produk atau layanan yang anda jual.

3. Buat konten unik

Telah disebutkan bahwa kekuatan Instagram terletak pada penampilannya. Untuk melakukan ini, Anda perlu membuat konten yang menarik menggunakan gambar dan kata-kata yang tepat.

Biasanya, perusahaan memiliki desainer grafis dan copywriter yang bertugas membuat desain dan salinan iklan yang tepat. Jangan lupa untuk menggunakan fitur seperti stories, reels, feed dan IGTV.

4. Atur jadwal rilis

Anda perlu tahu kapan audiens target Anda mengakses Instagram. Dari situ, Anda bisa lebih mudah menentukan jadwal rilis konten.

Memposting konten secara teratur akan meningkatkan akun bisnis IG Anda dalam hal pengikut, keterlibatan, dan lainnya. Hal ini juga berpotensi untuk meningkatkan penjualan bisnis.

5. Berikan hadiah secara teratur

Konten yang berisi giveaway biasanya yang paling banyak mendapatkan engagement dari subscriber. Anda dapat mengadakan giveaway secara rutin, misal sebulan sekali. Hadiahnya tidak hanya uang tunai, Anda juga bisa menawarkan produk secara gratis agar followers bisa lebih mengenal produk Anda.

Demikian penjelasan tentang penggunaan Instagram Bisnis, media sosial yang banyak diandalkan pengguna saat ini. Tidak hanya para pebisnis, semua orang bisa menggunakannya sesuai dengan minatnya. Kami harap informasi ini bisa bermanfaat.