Anda mungkin mengalami kesulitan tidur meskipun tubuh Anda lelah setelah seharian bekerja keras. Tidur berkualitas sulit didapat karena Anda tidak bisa tidur nyenyak. Itu membuat Anda sulit berkonsentrasi, mengubah suasana hati, dan mudah lupa.

Insomnia nokturnal, yang terjadi terus-menerus dan tidak diobati, berdampak negatif pada kesehatan. Saat Anda sulit tidur, penting untuk mengetahui apa yang menyebabkan masalah sehingga Anda dapat menanganinya dengan tepat.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan insomnia atau kurang tidur:

Stres

Stres merupakan respon tubuh terhadap masalah yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi ini dapat mempengaruhi tubuh secara keseluruhan, baik secara fisik, perilaku, maupun emosional. Tingkat stres yang tinggi dapat membuat Anda merasa cemas dan gelisah, yang menyebabkan kurang tidur.

Salah satu cara menghilangkan stres adalah dengan mendengarkan musik. Mendengarkan musik dapat memberikan efek yang sangat menenangkan pikiran dan tubuh, terutama musik yang pelan dan menenangkan. Anda bisa temukan berbagai lagu favorit dari Stafaband melalui situs MetroLagu.site yang tentunya gratis.

Faktor usia

Sejak usia 60 tahun, banyak orang mengalami perubahan pada kebiasaan tidurnya. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa orang yang berusia di atas 60 tahun mengalami kesulitan tidur nyenyak dan sering terbangun di malam hari.

Efek zat kimia

Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol dan berkafein serta merokok dapat memengaruhi kualitas tidur. Hal ini dapat membuat tubuh terasa tidak segar saat bangun tidur dan bahkan menyebabkan sakit kepala dan keringat berlebih.

Irama tidur atau ritme sirkadian

Manusia memiliki "alarm tubuh" yang disebut ritme sirkadian. Ritme ini terkait dengan siklus tidur. Semakin teratur dan stabil waktu tidur harian Anda, maka kualitas tidur Anda akan semakin baik. Ritme sirkadian juga dapat diubah dengan olahraga, tidur siang, dan paparan cahaya dari perangkat.

Kondisi medis tertentu

Ada banyak kondisi medis yang dapat menyebabkan insomnia. Beberapa kondisi medis dapat menyebabkan insomnia, sepert mulas, asma, sakit kronis dan depresi.

Lingkungan tidur yang tidak nyaman

Tidur di ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat menyebabkan insomnia. Saat Anda tidur di malam hari, tubuh Anda membutuhkan ruangan yang sedikit lebih sejuk untuk tidur nyenyak. Namun hati-hati, ruangan yang terlalu dingin juga bisa membangunkan Anda.