Seperti yang kita tahu, batik Sidomukti adalah batik yang berkembang di Keraton Surakarta. Batik Sidomukti sangat diburu oleh para pecinta batin khususnya peminat budaya Jawa. Hal ini dikarenakan batik tersebut punta corak khas yang unik dan sangat kental dengan budaya Jawa. 

5 Motif Batik Sidomukti yang Indah

Kira-kira, apa saja ya motif-motif dari batik Sidomukti yang bisa kita jumpai? Yuk cek penjelasannya!

Sidomukti Garuda

Motif batik yang pertama adalah kombinasi unsur tumbuhan dan burung Garuda. Apalagi namanya jika bukan Sidomukti Garuda. Dalam hal ini, tumbuhan khususnya bisa berupa bunga yang punya filosofi sebagai simbol keindahan, kehidupan dan kecantikan.

Dalam bahasa Jawa, Garuda memiliki nama lain yang disebut Lar. Rupa hewan ini pun acap kali dimanfaatkan sebagai desain atau motif batik. Burung Garuda sendiri pun sudah melambangkan filosofi dari keberanian dan kewibawaan.

Sidomukti Ornamen Meru

Meru atau Gunungan ialah gambaran puncak gunung tertinggi tempat para dewa bersemayam menurut budaya Hindu-Jawa. Ornamen ini sendiri merupakan perlambangan dari keagungan, kemegahan dan kekokohan. Bahkan merupakan pengharapan agar pemakainya mencapai kemakmuran dalam hidup.

Sidomukti Singgasana Truntum

Pengharapan agar pengantin baru bisa hidup layaknya raja berwibawa merupakan lambang dari motif singgasana. Di mana kewibawaan tersebut diharapkan agar masyarakat menghormatinya. Nah, meskipun motif truntum memang tambahan tapi sudah menjadi ciri khas di Solo yang melambangkan kesendirian atau kesepian.

Sidomulyo Sogan Klasik

Tahukah Anda kalau Sidomulyo Sogan Klasik ialah motif Sidomulyo yang klasik? Oleh sebab itu, saking populernya masayarakat sudah sangat mengenal motif ini. Hal yang menjadi ciri khas nya berupa petakab bebentuk belah ketupat. Selain itu, berbeda dengan warna batik lain yang xerah, maka batik ini berwarna sogan.

Sidomukti Kupu-Kupu

Nah, motif batik Sidomukti yang terakhir ialah ornamen kupu-kupu. Seperti yang kita tahu, hewan kupu-kupu melambangkan kebebasan dan kesempurnaan. 

Hewan ini pun mengajarkan kita kalau untuk mendapat kebahagiaan dalam hidup kadang membutuhkan proses menyakitkan dan waktu lama. Wah, rupanya semua motif batik Sidomukti punya filosofi yang indah sekaligus mendalam, ya!

Nah, untuk mengetahui arti dan makna dari batik Sidomukti yang detail, Batik-128.com telah membahasnya secara detail beserta proses pembuatannya juga. Selain itu juga ada penjelasan tentang kain jarik Sidomukti yang juga masih bagian dari batik Sidomukti tersebut.

Itulah tadi pembahasan mengenai apa saja motif-motif dari batik Sidomukti. Semoga saja artikel ini dapat berguna ya!